Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Jun 2018 14:00 WIB

Suami Istri Pensiunan PNS Hanya Satu Dapat THR, Ini Penyebabnya

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
FOKUS BERITA THR Jangan Telat Cair
Jakarta - Kementerian Keuangan menyampaikan tidak tertutup kemungkinan suami istri berstatus sebagai pensiunan PNS, tapi hanya salah satu yang menerima tunjangan hari raya (THR). Apa sebabnya?

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowiryono menjelaskan kondisi tersebut bisa disebabkan berbagai faktor. Tapi pada dasarnya baik suami maupun istri yang berstatus pensiunan PNS harusnya mendapatkan THR.


"(Misalnya) dia dari bank-nya memang keblokir belum sampai. Jadi ada berbagai kemungkinannya. Jadi nggak bisa digeneralisir," kata Marwanto kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (12/6/2018).

"Terus ada juga yang pensiun yang sudah lama nggak ngambil (uang pensiunnya). Kalau sudah lama nggak ngambil itu sama banknya kan di freeze (bekukan) kan, sehingga nggak bisa masuk (THRnya), mental dia. Jadi dari case per case nggak bisa sama," sambungnya.

Tapi dia memastikan pemerintah sudah menggelontorkan dana sesuai kebutuhan untuk disalurkan ke para pensiunan PNS.


"Kalau pensiunan kan dari pemerintah yang ngedrop dananya ke Taspen sama Asabri. Taspen untuk pensiunan atau PNS sipil, yang Asabri itu untuk yang TNI. Nah itu dananya sudah didrop semua ke Taspen sama Asabri, sejumlah yang menurut perhitungan itu diperlukan untuk THR pensiunan," jelas Marwanto.

"Nah kemudian dari situ nanti Taspen ngedrop ke bank mitra kerjanya atau didrop ke kantor pos. Karena kan pensiunan itu ada yang ngambil uangnya juga di kantor pos kan, ya," lanjutnya.


Jika ada pensiunan PNS yang belum menerima THR maka harus dicek di pihak Taspen atau Asabri, maupun pihak penyalurnya.

"Kalau itu nanti belum diterima, yang harus dilihat adalah apakah Taspen atau Asabri sudah ngedrop ke bank atau kantor pos, itu yang pertama. Yang kedua harus dicek juga apakah bank, kantor kantor pos sudah menyalurkannya ke pensiunannya atau belum," tambahnya. (hns/hns)
FOKUS BERITA THR Jangan Telat Cair
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com