Pengusaha: Kondisi Ekonomi Bagus, THR Dorong Konsumsi Lebaran

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jumat, 15 Jun 2018 16:23 WIB
Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Pengusaha menilai tunjangan hari raya (THR) untuk PNS dan pensiun mendorong roda perekonomian saat libur Lebaran. Hal itu disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani, saat hadir di open house Lebaran Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

Hariyadi mengatakan kondisi ekonomi saat libur Lebaran ini cukup positif, bahkan lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Ini karena ada tambahan tunjangan dalam komponen THR PNS.


"Kondisi ekonomi bagus ya, sekarang ini yang positifnya itu karena ada ke-13 dan tambahan THR itu lumayan lah jadi lebih baik dari tahun lalu. Itu yang mendorong konsumsi," kata Hariyadi saat berkunjung ke rumah dinas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jakarta, Jumat (15/6/2018).

Hariyadi mengatakan momentum pencairan THR para PNS ini sesuai dengan libur panjang cuti Lebaran yang diberikan oleh pemerintah. Beberapa sektor yang cukup terdongkrak mulai dari perhotelan, ritel, dan hiburan.


"Karena gaji ke-13 dan THR jadinya pas momentumnya, kalau belum keluar THR mungkin situasinya sama atau bahkan turun dibanding tahun lalu. Itu di sektor leisure ya, hotel, restoran, destinasi wisata, supermarket, dan lainnya," kata dia.

Namun demikian, kondisi itu lebih banyak dinikmati sektor ekonomi di daerah. Sebab, pada libur panjang ini masyarakat banyak melakukan mudik ke kampung halaman.

"Kalau di Jakarta sepi, itu lebih ke daerah. Jadi THR dan gaji 13 untuk daerah membantu banget," tuturnya. (fdl/hns)