Follow detikFinance
Selasa, 19 Jun 2018 22:15 WIB

Akhirnya Ditunda, Kenapa Tarif Tol JORR Jauh Dekat Dibuat Sama?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Tol JORR/Foto: Rengga Sancaya Tol JORR/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Integrasi sistem pembayaran Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) ditunda. Dengan kata, tarif jauh dekat sama belum berlaku di di Tol JORR mulai Rabu (20/6/2018), seperti jadwal semula.

Sebenarnya, ada manfaat yang bisa diperoleh pengendara dari kebijakan integrasi tarif tol itu. Corporate Secretary PT Jasa Marga (Persero) Tbk Agus Setiawan menjelaskan, Tol JORR terdiri dari beberapa ruas tol dan dioperasikan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).


Pada Sejumlah ruas tol pun memiliki tarif tersendiri. Misalnya, untuk Seksi W1 (Penjaringan-Kebon Jeruk) berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tarifnya Rp 8.500. Kemudian, jika masuk ke Seksi W2U (Kebon Jeruk-Ulujami) tarifnya Rp 9.500.

"Kemudian apabila dari Kebon Jeruk-Penjaringan masuk W2 Utara itu mulai Penjaringan ke arah ke Pondok Pinang itu bayar lagi tarif JORR yang saat ini berlaku Rp 9.500, berarti bayar lagi 2 kali," jelas Agus saat dihubungi detikFinance di Jakarta, Selasa (19/6/2018).


Nah, menurut Agus, dengan integrasi tol maka tarif tol berlaku sama tanpa memperhitungkan jarak, misalnya untuk kendaraan golongan I sebesar Rp 15.000. Sehingga, tarif tol yang dibayarkan akan lebih murah saat tol terintegrasi.

Sebaliknya, dia mengakui, tarif untuk jarak dekat akan menjadi mahal. "Tapi ada jarak pendek Kampung Rambutan keluar Cikunir Rp 9.500 tapi karena sistemnya merata membayarnya lebih tinggi," ujarnya.


Dia menambahkan, integrasi ini sebenarnya juga menguntungkan angkutan logistik. Sebab, angkutan logistik cenderung jarak jauh. Apalagi, dalam integrasi tersebut tarif yang diberikan telah menyesuaikan dengan penyederhanaan golongan.

"Kalau sekarang golongan 1,2,3,4,5 tapi setelah integrasi golongan 2-3 tarif sama, 4-5 tarif sama," ujarnya.

Sebagai informasi, jika kebijakan tarif di Tol JORR jadi, Integrasi tarif Tol JORR ini meliputi seksi W1 (Penjaringan-Kebon Jeruk), seksi W2U (Kebon Jeruk-Ulujami), seksi W2S (Ulujami-Pondok Pinang).

Kemduian, seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), seksi E2 (Cikunir-Cakung), seksi E3 (Cakung-Rorotan), Akses Tanjung Priok (SS Penjaringan sampai dengan Kebon Bawang), serta, Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami.

Sementara tarif Tol JORR jauh dekat akan sama, yaitu tarif kendaraan golongan I Rp 15.000. golongan II dan III sebesar Rp 22.500 dan golongan IV dan V dikenakan tarif Rp 30.000.



Tonton juga video pernyataan 'Menteri PUPR: Jokowi Sering Dicurhati Sopir Truk soal Tarif Tol'

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed