Jengkelnya Pengrajin Tempe yang Diminta Pemprov DKI Setop Produksi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 30 Jul 2018 08:34 WIB
Jengkelnya Pengrajin Tempe yang Diminta Pemprov DKI Setop Produksi
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewacanakan untuk menyetop produksi tempe di sekitar Kali Item atau Kali Sentiong saat Asian Games 2018. Hal ini dikarenakan produsen tempe membuang limbah ke Kali Item sehingga akan menganggu jalannya pesta olahraga tersebut.

"Sudah didata oleh Wali Kota Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Dan sudah dikirim juga dari Dinas UMKM. Mereka diminta untuk disetop berproduksi dan dicarikan solusi lain supaya tidak membuang limbahnya ke Kali Sentiong," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Sebaliknya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan produsen tahu dan tempe di sekitar Kali Item untuk tetap beroperasi saat gelaran Asian Games 2018. Asalkan, limbah produksi tak dibuang ke sungai.

"Sebenarnya begini, yang penting itu bukan produksi atau tidak, yang penting limbahnya dibuang ke sungai atau tidak," ujar Anies, di Planet Futsal, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (29/7/2018).

Anies menegaskan, tak akan menghentikan kegiatan perekonomian warga di wilayah tersebut. "Jangan kita menghentikan juga kegiatan perekonomian karena ini adalah dapur mereka. Jadi kegiatan usaha boleh jalan, tapi limbahnya dikelola sehingga tidak dibuang ke sungai," kata Anies.

Terlepas dari beda pendapat tersebut, wacana penyetopan produksi tempe ini membuat produsen tempe geram. Sebab, mereka menggantungkan kehidupannya pada tempe. Berikut berita selengkapnya: