Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Okt 2018 11:10 WIB

Cerita Sri Mulyani soal Puja-puji Dunia ke RI Jadi Tuan Rumah IMF-WB

Aditya Mardiastuti - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bercerita penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meeting di Nusa Dua, Bali menuai banyak pujian. Dia pun berterima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan acara ini.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya ke pemda, aparat keamanan, yang terlibat langsung, maupun tidak langsung. Secara sangat-sangat sukses sampai hari ini dan kemarin menerima surat email Yvonne corsec World Bank Group mereka menyampaikan terima kasih dan memori dari Bali long lasting atau everlasting, dan akan sangat sulit any place in the world untuk menyelenggarakan World Bank," kata Sri Mulyani saat menyerahkan hibah laptop-printer di Gedung Keuangan Provinsi Bali, Jl Kusuma Atmaja, Renon, Denpasar, Kamis (25/10/2018).

Sri Mulyani juga menyampaikan penanganan bencana di Lombok dan Palu selama penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meeting juga diapresiasi. Sebab pemerintah Indonesia dinilai berkomitmen untuk segera menuntaskan penanganan bencana tersebut.

"Kita tuan rumah baru saja kena bencana di Lombok dan Palu mereka kagum Indonesia mampu mengelola, mereka datang langsung dan melihat komitmen pemerintah Indonesia membantu dan cara kecepatan lembaga kita, mereka mengakui sangat efektif dan tinggi. Ini membuat Indonesia well governance dan well run. Ini pengakuan dan respect kalangan dunia ke kita, karena Presiden Jokowi memberikan perhatian penuh dari penyelenggaraan, sidang kabinet menunjuk Pak Luhut ketua harian dan pengecekan di titik tertentu persiapan kita, dan itu didukung seluruhnya oleh kementerian/lembaga termasuk TNI/Polri," urainya.


Dia menambahkan sebagai tuan rumah Indonesia berhasil memberikan impresi yang baik bagi para tamu yang hadir demi penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meeting. Tak hanya itu, sebagai tuan rumah, banyak negara yang ingin untuk belajar dari pengalaman-pengalaman pemerintah Indonesia.

"Kita mendapat tamu tokoh dunia, akan mempengaruhi pandangan mereka ke Indonesia. Contoh Melinda Gates series pertemuan, presiden, para menteri, dan me-launch pathway for prosperority dan melihat di luar isu teknologi seperti kesehatan. Dunia pun punya atensi dan ingin ikut membantu dan melihat pengalaman Indonesia bagi negara lain," ucapnya.

Dia juga menambahkan kehadiran bos Alibaba Jack Ma dalam salah satu sesi juga menjadi daya tarik untuk belajar kewirausahaan. Menurut Sri Mulyani apa yang disampaikan Jack Ma sama dengan yang selalu digaungkan Jokowi yaitu peningkatan pendidikan hingga mendorong kewirausahaan.

"Tokoh Jack Ma, menarik pengunjung masalah kewirausahaan di era digital enterpreneurship. Dia menyampaikan 3 'e' yang perlu disiapkan negara untuk menyambut digital enterpreneurship yaitu edukasi, e-government dan enterpreneurship. Pak Jokowi juga selalu menyampaikan agar terus membenahi pendidikan kita, e-governance kita menjadi lebih baik, dan mendorong enterpreneurship untuk era industrial 4.0," urainya.

Dia menambahkan pameran Indonesia Pavillion, hingga sajian kuliner yang disuguhkan ke para tamu IMF-World Bank Annual Meeting juga menuai pujian. Selain itu keramahan masyarakat Indonesia juga diakui.

"Sanggar seni di host country ini luar biasa pujian mereka nggak sangka Indonesia kaya kebudayaan, semua itu direkam dan very beautiful dan remarkable Indonesia. Keragaman kuliner kita, lagi-lagi kita memberikan surprise karena selama ini Indonesia relatif tidak terlihat di dalam radar yang cukup tinggi sehingga ketika mereka terekspos dan tidak hanya merasakan 1-2 jam bahkan seminggu," terangnya.

"Diakui the true balinesse dan people tapi ini menggambarkan daya hidup, value of life dan kepribadian masyarakat Indonesia. Jadi ini meyakinkan Indonesia memiliki daya tarik manusianya terutama, always smile and helpful ini sangat jarang muncul kesan seperti ini," kata Sri Mulyani.





Tonton juga 'Pertemuan IMF-World Bank Ditutup dengan Manis':

[Gambas:Video 20detik]

(ams/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed