Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Mar 2019 22:13 WIB

Tugaskan Bulog, Pemerintah Impor 100.000 Ton Bawang Putih

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Jakarta - Pemerintah menggelar rapat koordinasi terbatas mengenai pangan. Rapat yang dipimpin Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution tersebut membahas langkah stabilisasi harga bahan pokok seperti beras, gula, jagung hingga bawang putih.

"Yang dibahas mengenai bahan pokok. Data BPS menunjukkan bawang putih naik, gula juga," kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Bawang putih, kata dia, menjadi salah satu bahan pangan yang dijaga stabilitas harganya karena memberi kontribusi inflasi pada Februari 2019.


Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan langkah terdekat, pemerintah menugaskan Bulog untuk impor 100.000 ton bawang putih. Pelaksanaannya diharapkan bulan ini agar harga yang saat ini berada di kisaran Rp 40.000-45.000/kg kembali turun ke kisaran Rp 25.000/kg.

"Bawang putih harganya lagi naik. Jadi kita tugaskan bulog untuk impor, segera. Angkanya kira-kira 100.000 ton untuk menarik lagi harganya ke arah 25.000," kata Darmin.


Pasokan bawang putih di Indonesia memang didominasi oleh impor. Sekitar 90% pasokan bawang putih di Indonesia didominasi impor.

Pemerintah juga mengantisipasi terjadinya fluktuasi harga beras menjelang musim panen. Terutama jelang terjadinya peralihan iklim dari musim hujan ke musim kering. (eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed