googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/finance/pop_ups', [785, 440], 'div-gpt-ad-1574092191519-0').addService(googletag.pubads());
ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Apr 2019 10:53 WIB

Memilih Bisnis Musiman Bulan Puasa, Apa yang Paling Untung?

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Johanes Randy Ilustrasi/Foto: Johanes Randy
Jakarta - Bulan puasa tinggal menghitung hari. Ini bisa menjadi peluang bisnis musiman bagi masyarakat yang ingin mencari peruntungan. Ada beberapa dagangan yang tentu bakal menguntungkan jika dijual di bulan puasa.

Mengingat bisnis yang bakal digeluti sifatnya musiman, maka patut diperhatikan barang yang dicari saat musim tersebut, dalam hal ini bulan puasa. Demikian disampaikan Perencana Keuangan Eko Endarto.

"Sebenarnya bisnis puasa kan kita bicara bisnis musiman ya, nah jadi kita harus bicara juga produk-produk yang memang cocok di musim itu," kata dia saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Dalam hal ini, dia menyarankan bisnis yang cocok dijalani saat bulan puasa mulai dari takjil, baju koko, hingga perlengkapan ibadah.

"Misalnya kayak takjil itu kan mereka pada butuh, terus baju muslim sudah pasti naik kebutuhannya. Terus produk mungkin misalnya yang berhubungan dengan ibadah pasti akan naik di situ," sebutnya.


Selain itu, kue untuk kebutuhan Lebaran juga dianggap menguntungkan. Hal ini mengingat masyarakat saat ini butuh yang praktis, yaitu membeli ketimbang bikin sendiri.

"Jujur saja sih orang lebih mudah beli daripada buat ya, lebih praktis soalnya," jelasnya.

Dia menilai bulan puasa menjadi momentum meraih pundi-pundi rupiah karena di bulan tersebut masyarakat cenderung lebih konsumtif.

"Sebenarnya bagus ya karena bulan puasa itu biasanya orang cenderung lebih konsumtif. Biasanya makan mereka lebih bervariasi, inginnya harus berbeda dari biasanya, pakaian juga baru," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com