Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Mei 2019 18:34 WIB

Bulog Sebut Serapan Beras Capai 10.000 Ton per Hari

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution hari ini menggelar rapat bersama sejumlah pejabat untuk membahas kondisi pangan jelang ramadhan. Pejabat yang hadir Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar dan Deputi Bidang Usaha Argo dan Farmasi Kementerian BUMN Bachtiar.

Rapat tersebut berjalan selama tiga jam lamanya sejak pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB. Lantas, apa hasilnya?

Menurut Bachtiar saat ini penyerapan beras Bulog rata-rata mencapai 10 ribu ton per hari. Bahkan, dari April hingga saat ini jumlah penyerapan telah mencapai 400 ribu ton.

"Beras kita bagus rata-rata per hari 10 ribu ton dan sampai saat ini hampir 400 ribu ton (totalnya)," ungkap dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (3/5/2019).


Hanya saja, hal ini tak berbanding lurus dengan penyaluran. Bachtiar mengakui penyaluran Bulog agak tersendat karena tak adanya program beras sejahtera (rastra) sehingga stok di gudang Bulog hampir penuh.

Walaupun begitu, ia mengaku tak ambil pusing karena pemerintah tengah menyiapkan kebijakan komersial, yakni TNI, Polri dan PNS diwajibkan untuk membeli beras milik Bulog. Dengan begitu penyaluran dan penyerapan akan lancar.

"Ya pasti ada lah (sulit menyalurkan). Tetapi pemerintah memikirkan ini dan ngasih hilir dan membantu. Untuk hilir kalau nggak salah ada info nanti PNS, TNI, dan Polri sudah mulai beli berasnya Bulog InsyaAllah," papar dia.

Selain itu, Bachtiar juga mengungkap akan membuka opsi impor demi melancarkan penyaluran. Saat ini pihaknya pun tengah menjajaki pasar dengan Malaysia.

"Ini lagi siapkan rencananya kalau jadi ke Malaysia karena kan kita berdasarkan perhitungan metode KSA data BPS itu surplus. Doakan saja," tutup dia.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed