Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Mei 2019 11:42 WIB

Anies Ajukan Izin Impor Bawang Putih

Arief Ikhsanudin - detikFinance
Ilustrasi bawang putih. Foto: arief/detikcom Ilustrasi bawang putih. Foto: arief/detikcom
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang mengajukan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putih untuk BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah bertemu dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membahas masalah tersebut.

"Kemarin Pak Gubernur sudah berkomunikasi dengan Pak Menteri Pertanian untuk memberikan RIPH kepada Food Station, karena seluruh kewajiban Food Station memang sudah diberikan. Kita punya kewajiban tanam 5% dari RIPH sudah kita submit," ucap Direktur Utama Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi, kepada wartawan di pasar induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (7/5/2019).

Saat ini, Food Station bekerja sama dengan 8 perusahaan importir untuk memasok 145 ton bawang putih dari China. Tindakan itu dilakukan untuk mengendalikan harga bawang putih di pasaran.

Namun, Food Station perlu memiliki izin sendiri untuk menjaga ketersediaan stok barang. Dengan begitu, pengendalian harga bawang putih akan lebih mudah.


"Begini, kalau masalah komiditas, kita harus punya stok. Jadi pemerintah itu harus punya stok melalui BUMD pangannya. Kalau kita nggak punya stok, kita akan sulit untuk melakukan stabilisasi. Jadi apa yang kita lakukan di semua bahan pokok kita jalankan, kecuali satu produk yaitu bawang putih," ucap Arief.

Arief yakin, RIPH akan segera keluar dari Kementerian Pertanian. Selanjutnya, izin impor akan diajukan ke Kementerian Perdagangan.

"Kita close koordinasi sama Dirjen Hortikultur dan Menteri Pertanian. Dan Pak Amran sepertinya akan segera mengeluarkan RIPH untuk Food Station," ucap Arief.




Simak Juga 'Mentan Pastikan Harga Bawang Putih Stabil Selama Ramadhan':

[Gambas:Video 20detik]

Anies Ajukan Izin Impor Bawang Putih
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed