Ajak Peduli Lingkungan, Sri Mulyani akan Razia Sedotan Plastik

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 08 Mei 2019 12:53 WIB
Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku bakal merazia seluruh pegawainya yang masih mengkonsumsi minuman yang menggunakan botol plastik.

Hal itu diungkapkannya saat membuka sekaligus meresmikan DhawaFest Pesona 2019 di gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (7/5/2019).

"Saya apresiasi dan ajak semua di lingkungan Kemenkeu untuk peka dan peduli dalam memelihara lingkungan hidup kita," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengaku telah mengunjungi kafetarian atau kantin khusus Kementerian Keuangan dan hasilnya sudah tidak lagi menjual minuman botol dan sedotan.

Menurut Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, aksi tidak menjual minuman botol dan sedotan plastik pun akan mengubah citra Indonesia yang selama ini sebagai negara dengan laut terkotor kedua di dunia.


Dia pun berharap pada acara DhawaFest Pesona 2019 yang merupakan pameran pakaian serta kerajinan tangan tidak lagi menggunakan kantong plastik.

"Saya harap dalam acara ini tidak ada kantong pelastik, kalau ada tolong dirazia, biasa bawa sendiri," kata Sri Mulyani.

Lebih lanjut Sri Mulyani mengungkapkan, kantong plastik bisa diganti dengan kantong yang terbuat dari kain dan bentuknya pun lebih bagus.

Oleh karena itu, Sri Mulyani juga mengimbau kepada seluruh pejabat eselon I Kementerian Keuangan untuk tidak lagi mengkonsumsi minuman berbotol plastik dan menggunakan sedotan plastik.

"Kantong plastik, sedotan itu tidak lagi digunakan sebisa mungkin, karena kantong itu bagus dari kain," ungkap dia.

(hek/fdl)