Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Mei 2019 19:11 WIB

Tutup Musrenbangnas 2019, JK Cerita Jurus China Jadi Negara Maju

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Wapres JK/Hendra Kusuma detikFinance Foto: Wapres JK/Hendra Kusuma detikFinance
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) resmi menutup gelaran hari pertama forum Musrenbangnas 2019. Acara itu pun berlangsung hingga tanggal 14 Mei 2019.

Dalam sambutannya, JK berkesempatan bercerita mengenai kesuksesan China menjadi negara maju dari yang dulunya merupakan negara tertutup.

"Saya baru ke China dan melihat yang menakjubkan dalam 30 tahun China maju begitu rupa," kata JK di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

China, kata JK dikenal sebagai negeri tirai bambu filosofinya tertutup dan tradisional. Sekarang, China menjadi negara maju hanya dengan mengubah pandangannya.


Pandangan yang dimaksud, kata JK adalah memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai motor penggerak perekonomiannya. Padahal, dulunya jumlah penduduk yang banyak hanya dipandang sebagai beban APBN negaranya.

Saking majunya, kata JK, China mampu memproduksi apapun. "Lalu ada yang bilang, tuhan menciptakan manusia, sisanya di China, bagaimana dia menjadi negara industri," ujar JK.

Oleh karena itu, JK berharap dalam forum Musrenbangnas 2019 ini para pejabat negara baik di pusat maupun daerah dapat membangun SDM yang berkualitas demi kemajuan bangsa.


"Dengan sedikit mengubah cara pandang, dulu China menganggap bahwa penduduk besar itu beban, mereka mengubah sudut pandang bahwa itu SDM yang baik, maka tahun ini spirit yang kita ingin tingkatkan bagaimana SDM bisa ditingkatkan untuk memajukan bangsa. Itulah kenapa kita formulasi infrastruktur dan SDM dapat dilakukan bersama," ungkap JK. (hek/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed