Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Jun 2019 18:55 WIB

Jalan Panjang Harga Tiket Pesawat Domestik Turun

Hendra Kusuma - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Ristu Hanafi Foto: Ristu Hanafi
Jakarta - Pemerintah lewat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian BUMN memutuskan untuk menurunkan harga tiket pesawat penerbangan murah alias low cost carrier (LCC) pada pekan depan.

Keputusan pemerintah untuk menurunkan harga tiket pesawat menghasilkan banyak cerita dan tentunya telah melewati jalan panjang.

Berdasarkan catatan detikFinance, Kamis (20/6/2019), hebohnya harga tiket pesawat dimulai saat melonjaknya harga tiket pesawat yang terjadi pada akhir 2018. Saat itu diketahui warga Aceh yang ingin ke Pulau Jawa harus terbang dulu ke Malaysia demi mendapatkan harga yang lebih murah.

Tingginya harga tiket pesawat awalnya ditenggarai lantaran harga avtur yang naik tinggi lantaran menguatnya nilai tukar dolar AS. Pertamina saat itu bahkan sampai diminta untuk menghentikan impor avtur.

Seiring waktu berjalan, mahalnya harga tiket pesawat disebut lantaran adanya perang harga atau banjir promosi yang dilakukan oleh Garuda Indonesia Grup dan Lion Air Grup. Kedua grup maskapai tersebut tercatat menguasai pangsa pasar penerbangan domestik hingga 97%.

Ketika pihak maskapai penerbangan mengembalikan harga ke normal menjelang akhir tahun 2018, ternyata mendapat respons negatif oleh masyarakat. Khalayak menilai seluruh tiket penerbangan naik drastis.



Pemerintah akhirnya berani memutuskan untuk menurunkan harga tiket diawali dengan menurunkan tarif batas atas (TBA) bagi penerbangan full service seperti Garuda Indonesia dan Batik Air.

Namun, hal itu dianggap belum cukup oleh masyarakat. Terlihat dari jumlah penumpang angkutan pesawat yang terus mengalami penurunan.

Kini giliran maskapai LCC diminta ikut menyediakan harga tiket murah. Berikut informasi selengkapnya merunut jalan panjang menuju turunnya harga tiket pesawat domestik: (hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed