Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 14 Okt 2019 17:45 WIB

Jelang Akhir Jabatan, Mendag Pesan Toko Online Genjot Produk Lokal

Vadhia Lidyana - detikFinance
Enggartiasto Lukita/Foto: Ari Saputra Enggartiasto Lukita/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita meminta para pedagang online meningkatkan penjualan produk lokal. Menurutnya untuk menekan produk impor diperlukan kesadaran masyarakat dalam mengonsumsi produk lokal.

Sehingga, ia meminta pedagang online memenuhi kegiatan jual-beli dengan produk lokal. Pesan ini juga ia sampaikan kepada pengusaha e-commerce agar memberikan peluang lebih besar terhadap produk-produk lokal.

"Kita pasti bisa survive. Dengan kegiatan-kegiatan yang nampaknya kecil tapi kalau dilakukan bersama-sama melalui online ini benar-benar membantu. Apa yang sudah dilakukan dalam negeri dan ekspor karena kita berebut pasar di situ," kata Enggartiasto dalam konferensi pers Shopee 11.11 Big Sale di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Senin (14/10/2019).


"Tolong penuhi pasar kita juga dengan produk-produk lokal. Ada baiknya kalau bersama-sama misalnya sehari dalam sebulan hanya menjual produk-produk lokal," sambung pria yang beken disapa Enggar itu.

Dia menambahkan akan menjamin pemerintah akan memfasilitasi pedagang online atau UMKM yang mau turun langsung mengekspor produknya.

Selain kami Kemendag dan Kemenkeu, Dirjen Bea Cukai akan mengambil langkah-langkah untuk menangani hak-hak konsumen misalnya SNI bisa dipenuhi. Masih dalam persiapan untuk itu," tandas Enggar



Simak Video "Mendag Sampaikan Doa dari 16 Negara Untuk Wiranto"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com