Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Nov 2019 14:50 WIB

Kata Sri Mulyani Ada 'Desa Hantu', Ini Jawaban Mendes

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (Wilda/detikcom) Foto: Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (Wilda/detikcom)
Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan tidak ada desa tak berpenduduk alias 'hantu' yang telah menikmati aliran dana desa. Hal itu juga sekaligus membantah pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Iya. Sejauh ini belum ada (desa hantu)," kata Halim di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Kementerian Dalam Negeri juga telah mengungkapkan bahwa ada empat desa di Provinsi Sulawesi Tenggara yang diduga merupakan desa 'hantu', desa tersebut bukan berhantu melainkan tidak ada penduduknya.


Salah satu desa itu, kata Halim ada di Konawe pun sudah ditelusuri oleh tim Kementerian Desa dan PDTT. Hasilnya, lanjut Halim, desa tersebut memiliki lembar pertanggungjawaban pencairan anggaran program dana desa.

"Ada. Ada pertanggungjawabannya," jelas dia.

"Karena kalau yang dimaksud fiktif itu sesuatu yang nggak ada kemudian dikucuri dana, dan dana nggak bisa dipertanggungjawabkan, itu nggak ada. Karena desanya ada, penduduknya ada, pemerintahan ada, dana dikucurkan iya, pertanggungjawaban ada, pencairan juga ada," sambungnya.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengungkapkan ke khalayak bahwa semenjak adanya program dana desa muncul desa tak berpenduduk yang diduga menikmati aliran program dana desa.



Simak Video "Mengintip Desa 'Hantu' di Konawe Sultra"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com