Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Nov 2019 18:24 WIB

JP Morgan Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 4,9%, Sandiaga: Banyak Tantangan

Trio Hamdani - detikFinance
Sandiaga Uno/Foto: Deny Prastyo Utomo Sandiaga Uno/Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta - JP Morgan memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya 4,9%. Sandiaga Uno yang diminta responsnya pun sepakat dengan hasil riset JP Morgan.

Dia sepakat karena Indonesia menghadapi banyak tantangan dan di saat yang sama berjuang mencapai pertumbuhan ekonomi di level 5%.

"Ya saya sepakat bahwa kita akan mengalami tantangan dalam pertumbuhan ke depan, kita ingin bertahan di 5% tetapi kelihatannya banyak sekali tantangan," katanya di JW Marriott Hotel, Jakarta, Rabu (20/11/2019).


Hasil riset tersebut tentu memberikan pekerjaan rumah (PR) buat Indonesia, tapi menurutnya jangan sampai membuat pemerintah pesimistis.

"Jadi ini PR buat kita, ini suatu prediksi, suatu forecast oleh GP Morgan, jangan membuat kita pesimis, justru kita harus jadikan ini sebuah pemicu untuk pecut kita kerja lebih keras lagi," lanjutnya.

Tinggal bagaimana pemerintah bisa menangkap peluang yang ada meskipun kecil. Untuk itu dibutuhkan kebijakan-kebijakan reformasi struktural.

"Seperti omnibus law yang sudah didorong pemerintah untuk kemudahan berusaha, kemudahan berinvestasi, mengenai sistem ketenagakerjaan yang lebih win-win antara teman-teman pekerja dan juga pengusaha," terangnya.

Sandi menambahkan agar ada kepastian yang bisa diberikan kepada dunia usaha mengenai insentif dari segi kemudahan perpajakan, tax holiday dan sebagainya.





Simak Video "Sandi: Pemerintah Terjebak Dalam Pertumbuhan Ekonomi 5%"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com