Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Des 2019 20:30 WIB

Edhy Prabowo Cari Lokasi Budi Daya Benih Lobster di Dalam Negeri

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Foto: Andhika Prasetya/detikcom`
Sleman - Pemerintah tetap mengupayakan agar benih lobster dapat dibudidayakan di dalam negeri. Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo mengaku banyak daerah yang berpotensi untuk pembesaran benur.

"Untuk melakukan pembesaran (benur) perlu ada kajian di tempat-tempat tertentu, dan nanti kita lihat, kalau ada tempatnya tidak masalah," kata Edhy saat ditemui di Hotel Grand Keisha, Jalan Affandi, Gejayan, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Kamis (19/12/2019).

Edhy mengatakan, bahwa daerah-daerah yang telah melakukan pembesaran benih lobster seperti di NTB, Sulawesi Tenggara hingga Lampung. Menyoal lokasi yang berpotensi menjadi tempat pembesaran benur di Jawa, Edhy mengaku belum memetakannya.

"Belum, belum, belum ada (pemetaan di laut selatan Jawa), tapi infonya di Jatim ada, tapi belum detail (dari mana) asal benihnya," ujarnya.


"Sementara ini kita akan memulai di tempat-tempat yang alamiah dia lakukan (pembesaran benur), contoh di Lombok Timur kan ada, ini saya tidak menentukan tempat ya, tapi apa yang ada akan kita kembangkan," imbuh Edhy.

Rencana pengembangan tersebut, kata Edy dilakukan setelah ada pengakuan dari nelayan di Lombok Timur. Di mana mereka melakukan pembesaran secara diam-diam dengan menempatkan ikan di bagian atas dan bagian bawah diisi.

"Ada 2 jenis (lobster) yang dibesarkan (nelayan Lombok Timur), yakni lobster pasir dan mutiara. Tapi mereka minta kalau bisa (lobster) pasir ini jangan sampai 200 gram (yang diekspor) pak, 100 gram saja. Terus saya tanya, kemana kamu bawa? 'Ke ekspor', lho kamu kan nolak ekspor? 'Iya pak tapi ini kan sudah gede dan nilai tambahnya ada'," ujarnya.

"Artinya kan ada keinginan dari masyarakat (untuk ekspor lobster), masak tidak ditampung. Terus kalau sudah bisa dikembangkan di sini, ya kenapa kita harus diluar (pembesarannya)? Nantinya kita yang ekspor hasilnya, hasil dari pembesaran (benur)," imbuh Edhy.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Edhy Prabowo: Ada Masyarakat Lapar Karena Pelarangan Bibit Lobster"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com