Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Feb 2020 15:52 WIB

Dahlan Iskan Ungkap Banyak yang Tak Percaya RI Kebal Corona

Hendra Kusuma - detikFinance
Mantan Dirut PLN yang juga mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Dahlan diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan 21 gardu listrik di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara pada 2011-2013. Lamhot Aritonang/detikcom. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Wabah corona yang terjadi di China kini sudah menyebar ke banyak negara, hanya Indonesia yang sampai saat ini belum mengumumkan bahwa virus tersebut sudah masuk atau belum.

Hal itu juga yang membuat Mantan Menteri BUMN periode 2011-2014, Dahlan Iskan mempertanyakan hal tersebut. Dirinya pun pernah menanyakan kepada 10 orang yang berbeda negara, mengapa tidak ada virus corona di Indonesia? Percayakah Anda?

Pertanyaan tersebut diberikan kepada seorang temannya yang berada di Singapura.

"Tidak mungkin tidak ada di Indonesia. Virus ini sudah menyerang seluruh negara di Asia," jawab seorang teman di Singapura seperti yang dikutip dari laman disway.id, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Dahlan menyebut tidak satu pun dari 10 orang tersebut yang percaya kalau virus corona belum masuk Indonesia.

Dahlan menjelaskan, saat ini merupakan zaman persepsi yang mana fakta kalah dengan persepsi. Dan itulah nasib Indonesia dipersepsikan seperti itu. Terkadang, dikatakan Dahlan Indonesia dipandang lebih rendah lagi dengan menyebut peralatan di Indonesia belum memadai untuk bisa mendeteksi virus corona.

"Saya hanya tertawa mendengar jawaban yang seperti itu. Apa boleh buat. Reputasi kita memang belum tinggi. Padahal dalam banyak hal kita bisa lebih baik," ujarnya.

Dia mencontohkan seperti penyakit-penyakit tropik, dokter Indonesia dipastikan memiliki keahlian yang lebih bagus dalam menangani. Tetapi masih ada masyarakat menganggap dokter Singapura lebih baik.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com