Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Feb 2020 18:13 WIB

Soal Diskon Turis Buat 'Tangkal' Corona, Sri Mulyani: Sedang Dikaji

Hendra Kusuma - detikFinance
sri mulyani Foto: Maikel Jefriando
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah masih mengkaji beberapa kebijakan sebagai alat penangkal pelemahan ekonomi yang berasal dari virus corona. Salah satu kebijakan yang dibuat untuk sektor pariwisata.

Salah satu kebijakan itu adalah pemberian diskon untuk turis asing dan lokal.

"Kita sedang kaji berbagai hal dalam rangka untuk meminimalkan dampak corona virus dan dampak perekonomian global, beberapa kajian ini sedang difinalkan seperti yang disampaikan bapak Presiden kemarin mengenai masalah diskon terhadap wisatawan untuk daerah-daerah yang terkena dampak langsung karena wisatawan turun sangat drastis," kata Sri Mulyani di gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Selain itu Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga sedang melihat ruang fiskal apa yang akan menjadi stimulus ekonomi nasional. Salah satunya lewat program bantuan sosial dalam rangka meningkatkan konsumsi rumah tangga.

"Dari sisi permintaan terutama konsumsi, bangunan sosial, dari sisi hal yang lain-lain kita lihat masih di bahas dalam pemerintahan ini," ungkap dia.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama menjelaskan, pemberian diskon ini akan dilakukan untuk tujuan beberapa daerah pariwisata tertentu yang terdampak virus corona seperti Bali, Bintan, dan Sulawesi Utara. Pemerintah juga mempertimbangkan daerah pariwisata yang lain.

"Rencananya tuh ya ke Bali, Kupang, Sulawesi Utara, Bintan, Batam. Tapi ada rencana kita akan tambah lagi destinasi-destinasi lain seperti ke Yogyakarta, Lombok, Labuan Bajo dan sebagainya," ujarnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Pemberian diskon ini juga dilakukan secara beragam. Mulai dari tiket pesawat hingga hotel.

"Kemarin saya kumpulin 33 airlines dengan Menhub membahas potensi apa yang bisa dilakukan. Jadi kami berusaha untuk mengambil kebijakan komprehensif tidak parsial. Jadi ini akan kami lakukan dengan segera dan kami akan koordinasi dengan kementerian," katanya.

Konsep pemberian diskon itu juga masih akan dibahas pemerintah. Besarannya masih dipertimbangkan antara 25-30%. Angka diskon itu pun masih bisa lebih tinggi.

Soal Diskon Turis Buat 'Tangkal' Corona, Sri Mulyani: Sedang Dikaji


Simak Video "Menkeu Kucurkan Triliunan untuk Diskon Tagihan Listrik Warga 3 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com