Dibeberkan Tjahjo Kumolo, Soal LGBT Ada di Aturan PNS?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sabtu, 07 Mar 2020 06:00 WIB
Tjahjo Kumolo
MenPAN RB Tjahjo Kumolo/Foto: Wilda/detikcom
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo membeberkan ada PNS yang melakukan hubungan sesama jenis. Namun, menurut Tjahjo, belum ada aturan khusus yang tegas mengatur perilaku yang dikenal dengan sebutan LGBT itu.

Lalu, peraturan apa yang dipakai pemerintah menyikapi hal itu? Pelaksana tugas (Plt) Kabiro Humas Badan Kepegawaian Negara, Paryono menjelaskan kasus ini bisa masuk kategori pelanggaran disiplin PNS. Alasannya, perilaku hubungan sejenis ini menurunkan harkat martabat diri sebagai PNS.

Apalagi salah satu kewajiban PNS yang diatur dalam PP 53 tahun 2010 adalah menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan martabat pegawai itu sendiri.


"Itu kan pasalnya bisa jadi menurunkan harkat martabat sebagai PNS kalau hal seperti itu. Dalam PP 53 itu salah satu kewajiban dari PNS adalah menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan martabat PNS," kata Paryono kepada detikcom, Jumat (6/3/2020).

PNS yang dilaporkan melakukan hubungan sesama jenis akan diperiksa terlebih dulu, sebelum dijatuhkan sanksi

"Apakah perbuatan itu asusila atau hubungan sesama jenis itu terus menjatuhkan martabat atau tidak. Itu harus diperiksa dulu," kata Paryono.

Selanjutnya
Halaman
1 2