Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Mar 2020 10:00 WIB

Bisnis Event Organizer Ikut 'Demam' Gara-gara Corona 

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
ilustrasi corona Foto: ilustrasi corona
Jakarta -

Virus corona tak hanya bikin demam manusia, tapi juga bisnis event organizer (EO) dan wedding organizer (WO). Hal ini karena banyak acara yang ditunda karena pandemi corona.

Event Manager 360ACT Jahairhil Atwir menjelaskan dengan kondisi status darurat ini ada beberapa acara yang ditunda hingga beberapa bulan ke depan.

"Kebetulan ada 3 event yang tunda, bulan Maret ini dan untuk Juni. Iya karena kondisi corona dan event-nya kan melibatkan orang banyak, jadi tidak bisa," kata dia saat dihubungi detikcom, Kamis (19/3/2020).

Dia mengungkapkan, penyelenggara meminta kepada EO untuk memundurkan jadwal hingga situasi benar-benar kondusif. Dengan kejadian ini, perusahaan menanggung kerugian hingga miliaran rupiah.

"Karena mundur, ya untuk bulan ini nilai project-nya hampir sekitar Rp 1 miliar dan untuk Juni itu sekitar Rp 1,8 miliar," jelas dia.

Kerugian ini karena EO sudah menghabiskan uang muka ke vendor-vendor pendukung. "Ya mau nggak mau, karena ini pandemi ya jadi musibah dan jadi risiko di industri ini," ujarnya.

Salah satu event manager, Maestro Sports EO Rony Kurniawan menjelaskan akibat pandemi corona ada satu acara olahraga yang ditunda.

"Iya jadi ditunda event-nya, sampai habis Lebaran. Iya pasti ada kerugian yang ditanggung," kata Rony. Hal ini berdampak pada pemasukan perusahaan.

Dia mengharapkan wabah corona bisa segera berakhir dan perekonomian bisa kembali bergerak.

Bisnis Event Organizer Ikut 'Demam' Gara-gara Corona


Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com