Garuda Pastikan Pramugari Tetap Pakai Masker Selama Penerbangan

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 20 Jun 2020 13:30 WIB
Armada pesawat Boeing 777-300ER Garuda Indonesia
Foto: Garuda Indonesia
Jakarta -

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memastikan seluruh awak kabin pesawat termasuk pramugari tetap menggunakan alat pelindung diri (APD) berupa masker dan face shield selama penerbangan, sebagai komitmen pelaksanaan protokol kesehatan.

"Rencana penggunaan face shield oleh awak kabin Garuda pada prinsipnya merupakan APD pelengkap atau tambahan bagi awak kabin dan tidak menggantikan masker yang saat ini telah digunakan oleh awak kabin kami," kata Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (20/6/2020).

Tak hanya itu, Irfan memastikan pihaknya bakal terus melalukan evaluasi terhadap penggunaan kelengkapan APD bagi awak kabin yang paling sesuai dan aman digunakan selama penerbangan.

"Namun tetap memberikan kenyamanan dan keleluasaan berinteraksi dengan pengguna jasa yang tentunya tetap mengacu pada aspek regulasi dan safety yang berlaku," tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga berkomitmen senantiasa meningkatkan kualitas fasilitas dan layanan. Jadi selain face shield, berbagai alat penunjang lainnya juga tengah disiapkan maskapai pelat merah ini demi keamanan dan kenyamanan awak kabin serta penumpang selama penerbangan.

"Hingga rencana penggunaan apron sekali pakai untuk awak kabin ketika menyajikan makanan kepada penumpang," tambahnya.

Menurutnya, adaptasi seperti rencana-rencana tersebut menjadi sangat penting selama penerbangan periode tatanan baru atau new normal. "Ini guna menjaga kepercayaan dan minat pengguna jasa untuk kembali merencanakan perjalanan menggunakan layanan transportasi udara," pungkasnya.



Simak Video "Pakai Face Shield Tanpa Masker Tak Berikan Perlindungan Maksimal"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)