Pejabat KKP Dihujani Kritik Saat Rapat di DPR

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 24 Jun 2020 16:51 WIB
Rapat Pemerintah dan Banggar DPR RI
Banggar DPR RI/Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Jakarta -

Salah satu pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dihujani kritikan dari beberapa anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI. Kritikan datang saat Sesditjen Perikanan Tangkap KKP, Yuliadi menyampaikan target penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di sektor kelautan dan perikanan tahun 2021.

Awalnya, Yuliadi mengatakan KKP menargetkan PNBP sebesar Rp 1 triliun atau lebih tinggi Rp 100 miliar dari target tahun sebelumnya Rp 900,3 miliar.

"Kalau kita lihat target di 2021 meningkat Rp 100 miliar," kata Yuliadi di ruang rapat Banggar DPR RI, Rabu (24/6/2020).

Dia menjelaskan, peningkatan target PNBP sektor kelautan dan perikanan karena ada potensi pengukuran kapal yang selama ini belum tersentuh.

"Potensinya sekitar Rp 1,36 triliun, jadi kurang lebih targetnya Rp 1 triliun di 2021," ujarnya.

Usai menyampaikan angka tersebut, beberapa anggota Banggar DPR RI pun langsung mengajukan interupsi, salah satunya adalah Hamka Baco Kady dari fraksi Golkar. Dia mempertanyakan mengenai strategi apa yang akan dilakukan KKP untuk mengejar target tersebut.

Pasalnya, menurut Hamka, dalam lima tahun terakhir target PNBP sektor kelautan dan perikanan tidak pernah tercapai.

"Bagaimana bapak bisa proyeksikan Rp 1 triliun, kita bicara 2020 dulu. Gambarkan dulu. Jangan pakai mudah-mudahan, sudah banyak pengalaman, bicara riil lah, pakai logika," ujarnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2