Resesi Singapura Bisa Ngefek ke RI?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 14 Jul 2020 15:25 WIB
Ekonomi Singapura: Akibat pandemi virus corona, Singapura masuk resesi
Foto: BBC World
Jakarta -

Kondisi perekonomian Singapura terperosok ke jurang resesi. Kuartal dua ekonomi Singapura mengalami kontraksi hingga 41,2%. Singapura merupakan salah satu mitra dagang Indonesia, apakah RI akan terdampak?

Menanggapi hal tersebut Direktur Eksekutif INDEF Tauhid Ahmad menjelaskan ada tiga jalur yang dilewati oleh hubungan antar negara. Seperti Indonesia dan Singapura yang saat ini berada di jalur perdagangan.

"Dari data terakhir Singapura itu posisinya nomor 5 mitra dagang Indonesia. Itu posisi penting ya," kata dia saat dihubungi detikcom, Selasa (14/7/2020).

Dia mengungkapkan neraca perdagangan Indonesia dengan Singapura juga sudah mencatatkan penurunan periode Mei 2020. Hal ini karena melemahnya ekspor non migas.

Selanjutnya ada pula jalur investasi yang saat ini memberikan kontribusi ke pertumbuhan Indonesia. Tauhid menyampaikan dari sisi pariwisata juga sangat berpengaruh dengan kondisi ini.

"Data BPS menyampaikan jika terjadi penurunan, bulan Mei saja sudah terlihat penurunan. Kemudian banyak industri dari Singapura yang bertempat di Jabodetabek dan Batam ini juga menurun," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bahu Membahu Selebriti-Petani di Korsel Hadapi Krisis Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]