Sulap Sepeda dari Rongsokan Berbuah Cuan

Imam Suripto - detikFinance
Minggu, 19 Jul 2020 15:14 WIB
Rongsokan Sepeda
Foto: Rongsokan Sepeda (Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Seorang pria di Desa Kertasinduyasa, Kecamatan Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah, sudah 30 tahun menggeluti pekerjaan sebagai perakit sepeda dari barang rongsok. Di tangan pria ini, potongan bagian sepeda yang didapat dari lapak barang bekas disulap menjadi sepeda baru.

Di usianya yang makin senja, Fatoni (60), warga Kertasinduyasa, Kecamatan Jatibarang, Brebes ini, masih tetap produktif merakit sepeda. Di temui di rumahnya Minggu (19/7/2020), Fatoni dibantu Halimah (50) istrinya, tengah sibuk mengumpulkan bahan yang akan dirakit menjadi sepeda.

Pasangan suami istri ini memanfaatkan rumah sebagai bengkel sekaligus gudang. Bangunan rumah tua berukuran 5 x 10 meter ini lokasinya masuk dalam gang kampung. Dilihat dari kondisinya, bangunan ini bisa dikatakan sudah tidak layak huni.

Selain perabotan rumah, seluruh ruangan yang ada dipenuhi barang bekas atau rongsokan sepeda. Mulai dari kerangka, roda, rantai, setang dan bagian bagian lain. Bahkan saking banyaknya, ruang depan dan ruang keluarga juga dipenuhi spare part sepeda.

Sejak olahraga gowes ini banyak digemari warga, Fatoni banjir pesanan sepeda. Kebanyakan dari mereka sengaja pesan ke Fatoni karena harganya jauh lebih murah dibanding harga toko.

Dahlan Abas (43) warga Jatibarang adalah salah satu dari pencari bahan sepeda di lapak Fatoni. Dia mengaku sedang mecari sejumlah onderdil untuk dirakit menjadi sepeda sport.

"Penginnya sih cari sepeda mini phoenix. Tapi ini sekalian nyari onderdil lain. Kalau sepeda mini ini kan lagi ngetrend sekarang. Sukur sukur bisa dapat bahan yang masih bagus untuk dirakit lagi," ungkap Dahlan.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dalam 20 Hari, Polisi Tangkap 10 Pelaku Curanmor di Solo"
[Gambas:Video 20detik]