Pemulihan Ekonomi Diminta Tak Hanya Condong ke Korporasi Besar

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 26 Jul 2020 15:46 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membentuk Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi. Menteri BUMN Erick Thohir sebagai ketua pelaksana komite tersebut.

Selain itu, dalam komite itu ada Satuan Tugas (Satgas) pemulihan ekonomi yang dipimpin Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. Susuan Komite tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 tahun 2020.

Tim ini punya peran penting memastikan penularan baru virus Corona di Indonesia bisa ditekan, di saat bersamaan kegiatan ekonomi bisa pulih dan kembali bergerak.

Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza memberi sejumlah catatan. Sayangnya kata dia, pemulihan sektor ekonomi lebih condong dan berpihak pada korporasi. Sementara pelaku ekonomi yang paling terdampak masih dianaktirikan.

"Komite penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional sangat strategis. Sayangnya, pemulihan ekonomi lebih berbau korporasi," ujar Faisal di Jakarta, Jumat, 24 Juki 2020.

"Padahal ekonomi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menangah) yang paling terpuruk dan bisa berdampak sosial luas," imbuhnya.

Seharusnya lanjut politikus PKB itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memberi perhatian khusus terhadap UMKM. Pasalnya sektor tersebut yang berperan sentral dalam menyelamatkan ekonomi bangsa saat ini.

Buka halaman selanjutnya.