Jelang Idul Adha, Bisnis Pernak-pernik Haji di Tanah Abang Sepi Pembeli

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 30 Jul 2020 11:21 WIB
Pernak pernik haji
Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta -

Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah akan jatuh pada Jumat, (31/7). Sayangnya, bagi masyarakat Indonesia perayaan Idul Adha ini tak dibarengi dengan ibadah haji karena keberangkatannya dibatalkan sesuai yang ditetapkan pemerintah awal Juni 2020 lalu.

Kondisi ini berdampak langsung kepada para pedagang pernak-pernik haji di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dari pantauan detikcom, Kamis (30/7/2020), kios penjual pakaian haji seperti gamis, pakaian ihram, dan sepatu haji; lalu penjual oleh-oleh haji seperti air zam-zam, kurma, suvenir terpantau sepi pengunjung.

Penjual busana muslim untuk perlengkapan haji dan umroh terletak di blok A dan B lantai B1, SLG, dan lantai 5. Di lantai B1 dan SLG, banyak ruko yang sudah buka kembali sejak masa transisi PSBB fase 1, tepatnya 15 Juni 2020. Namun, pengunjungnya masih terpantau sepi.

Lalu, di lantai 5 kondisinya jauh lebih sepi. Dibandingkan lantai B1 dan SLG, kios-kios di lantai 5 sebagian besar masih tutup.

Pernak pernik hajiPernak pernik haji Foto: Vadhia Lidyana

Sementara, penjual air zam-zam, kurma, dan suvenir haji dan umroh yang bertebaran di dekat masjid Jami Al Ma'mur, di sebelah gedung blok B Tanah Abang tak kalah sepinya.

Dari sekitar 10 kios yang buka, hanya terlihat 1-2 pengunjung yang memasuki kios.

Salah satu penjual air zam-zam, kurma, dan suvenir haji di kawasan Tanah Abang yang bernama Yoga membenarkan hal tersebut. Ia pun mengaku sejak membuka tokonya pada pukul 07.30 WIB tadi baru menerima sekitar 2 pembeli.

"Pembelinya pasti jauh beda kalau dibandingkan tahun lalu. Oleh-oleh haji nggak ada yang belanja lagi, kayak suvenir cangkir-cangkir begitu. Paling yang belanja itu beli kurma, air zam-zam paling beli 1 liter. Kalau yang 5 liter sudah nggak ada sama sekali yang beli," kata Yoga ketika ditemui detikcom di kawasan Pasar Tanah Abang.



Simak Video "Kesedihan Calon Jemaah Irak, Batal Haji Akibat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)