Filipina Resmi Resesi!

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Kamis, 06 Agu 2020 13:12 WIB
Tutupnya sebagian besar pusat perbelanjaan di Filipina membuat warganya harus rela antre demi bisa berbelanja kebutuhan pokok di pasar swalayan.
Foto: Getty Images/Ezra Acayan
Manila -

Ekonomi Filipina resmi masuk resesi. Ekonominya jatuh lebih dalam dari prediksi. Lagi-lagi virus Corona yang jadi biang keroknya.

Filipina terakhir kali jatuh resesi 29 tahun lalu atau nyaris 3 dekade silam. Seperti dikutip dari Reuters, Kamis (6/8/2020), pada kuartal II-2020, ekonomi Filipina tercatat minus 16,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara, pada kuartal sebelumnya, negara ini mencatat kontraksi ekonomi minus 0,7%.

Baca juga: Resesi Adalah...

Ekonominya ini merupakan yang terparah sejak 1981 menurut data Philippine Statistics Authority. Kontraksi yang terjadi di ekonomi Filipina ini lebih parah 9% dari prediksi Reuters.

"Ekonomi Filipina jatuh ke jurang resesi di kuartal II-2020 akibat dampak dari lockdown saat pandemi," kata Ekonom Senior ING Nicholas Antonio Mapa.

"Dengan jumlah pengangguran yang diprediksi akan naik di bulan-bulan mendatang, kami tidak melihat akan ada perbaikan konsumsi dalam waktu dekat, apalagi jumlah kasus positif COVID-19 masih terus bertambah," tambahnya.



Simak Video "Sisa 1 Minggu Lagi Buat RI Cegah Jurang Resesi, Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/dna)