Bikin Video Marketing untuk Dongkrak Bisnis, Ini Langkahnya

Yudistira Imandiar - detikFinance
Rabu, 19 Agu 2020 10:36 WIB
Female Vlogger Presenting Make Up Tutorial Video
Foto: thinkstock
Jakarta -

Video marketing menjadi metode pengenalan dan pemasaran produk maupun brand yang efektif di era digital. Berbagai perusahaan besar telah menjadikan video marketing sebagai salah satu item dalam strategi pemasaran.

Mengutip data Wyzowl, perusahaan pembuat video komersial asal Inggris, 83% dari sekitar 300 pelaku usaha mengakui video marketing telah membantu mereka mendapatkan calon konsumen. Bahkan, 95% di antaranya menyatakan video marketing telah membantu mereka mengenalkan produknya kepada konsumen.

Video marketing telah terbukti efektif untuk mengenalkan brand sekaligus mempersuasi konsumen untuk membeli produk atau jasa. Oleh sebab itu, perusahaan mulai fokus menggarap video marketing.

Perlu dicatat, video marketing tak melulu bicara soal promosi brand atau produk. Video bisa dikemas dalam konten yang menarik, memiliki alur cerita yang membuat penonton tertarik untuk menanti kelanjutan video.

Melansir berbagai sumber, ada beberapa faktor yang membuat video marketing berjalan efektif. Berikut ini ulasannya.

Targetkan Penonton

Buat pemetaan target penonton yang ingin dituju. Nantinya, target tersebut akan dijadikan acuan dalam pembuatan cerita dan konsep video secara detail. Target penonton bukan berarti membatasi potensi konsumen yang bisa didapatkan, tapi agar video yang dibuat lebih terarah dan menarik untuk segmen yang ingin dicapai sesuai dengan produk yang ingin diperkenalkan.

Buat Konsep

Konsep video marketing perlu dipikirkan saat membuat video marketing. Bisa berupa jalan cerita, talk show, vlog, dan lainnya sesuai dengan target penonton yang ingin dituju. Apapun konsep yang dipilih, buat semenarik mungkin dengan konsep yang matang. Sementara itu, brand atau produk yang ingin dipromosikan dapat dimasukkan sebagai properti dalam tayangan atau disinggung sedikit dalam percakapan di dalam video.

Buat Awalan Menarik

Buat penonton jatuh cinta pada pandangan pertama. Pastikan video yang dibuat tak berbelit-belit di awal. Buat satu potongan cerita atau adegan yang menarik di awal sehingga video menarik untuk ditonton lebih lanjut.

Perhatikan SEO

Video sebagus apapun tidak akan bisa diakses penonton jika tidak mudah dibaca di platformnya. Oleh sebab itu, buat formulasi SEO yang tepat sehingga video mudah ditemukan. Memilih thumbnail video juga penting untuk menarik perhatian penonton.

Optimalkan Kualitas Video

Cerita sudah menarik, target penonton sudah tepat, SEO optimal, tapi kualitas video buruk, akan sulit untuk meraih perhatian penonton. Kemas cerita yang menarik itu dengan kualitas gambar yang jernih, angle yang sinematik, dan editing menarik. Hal itu akan membuat video menyenangkan untuk disimak.

Langkah-langkah tersebut bisa diterapkan untuk pengusaha atau wirausahawan yang ingin memperkenalkan produknya ke pasar dengan media video. Untuk membuat video jernih dan tajam serahkan saja pada Samsung Galaxy Note20 Ultra. Generasi terbaru dari seri Galaxy Note ini memiliki kamera superior dengan fitur lengkap untuk membuat foto dan video berkualitas tinggi.

Kualitas video yang dihasilkan smartphone ini mampu merekam di resolusi 8K dengan rasio 21:9 dengan frame 24fps. Tidak ketinggalan ada mode Pro Video yang punya pengaturan lengkap, mulai dari Pro-Grade Focus, audio, exposure, lighting, zoom tools, hingga opsi rekam 120fps dengan opsi FHD.

Buat video marketing yang efektif dengan Samsung Galaxy Note20 Ultra. Informasi lebih lanjut mengenai smartphone ini bisa dilihat di sini.

(prf/ara)