Raup Cuan dari Konten Video, Ini Pilihannya

Abu Ubaidillah - detikFinance
Jumat, 21 Agu 2020 09:45 WIB
Youg caucasian cute woman vlogging about makeup.
Foto: iStock
Jakarta -

Di era digitalisasi seperti sekarang, mendapatkan cuan nggak hanya bisa dilakukan dengan bekerja di kantor atau perusahaan saja. Melainkan ada banyak cara lain dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, salah satunya adalah dari konten video.

Mendapatkan cuan melalui konten video bukan hal yang mustahil, terlebih saat ini ada banyak platform pengunggah video yang menawarkan program kerja sama berupa bagi hasil iklan yang ditampilkan.

Selain memanfaatkan platform digital, ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menghasilkan cuan seperti dilansir dari Vtrep berikut ini.

Upload ke YouTube

Ini adalah cara paling umum yang digunakan banyak orang untuk meraup cuan dari konten video. Caranya nggak ribet, kamu cukup bikin channel di YouTube, unggah video menarik, dan dapatkan penonton sebanyak-banyaknya.

Setelah terdaftar di program monetisasi, tinggal perbanyak promosi dan cuan pun lambat laun akan menggunung. Namun tentukan teknik promosi yang jitu, perhatikan SEO YouTube, berbagi ke media sosial, dan bersaing dengan content creator YouTube lainnya.

Jasa Editing Video

Di dunia ini ada banyak orang yang punya ide bikin konten menarik, namun tak pandai dalam hal editing video. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi cuan. Apalagi saat ini banyak orang yang ingin menjadi YouTuber.

Jika belum memiliki koneksi ke YouTuber, mulailah dari membantu teman yang ingin eksis di sosmed. Jika viral, hasil karya pun bisa jadi portofolio untuk bekal proyek-proyek selanjutnya.

Buat Video Pembelajaran

Menjadi profesional di bidang tertentu, misalnya instruktur kebugaran, fotografi, materi pelajaran sekolah, dan sebagainya, cobalah buat video pembelajaran atau tutorial. Dapatkan banyak pelanggan dan tawarkan kepada mereka untuk membayar biaya berlangganan bulanan atau tahunan untuk setiap video yang dibuat.

Jual Stok Footage Video

Mirip seperti stok foto, stok footage video dapat digunakan kembali oleh para content creator. Memulai bisnis ini bisa dimulai dengan menjualnya ke teman yang sebagai content creator. Bisa juga menawarkan ke perusahaan komersial, ataupun berjualan di website jual beli aset digital.

Buatlah stock footage yang anti mainstream dan beda dari yang lain agar orang-orang tertarik membeli karya tersebut.

Iklan Afiliasi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meraup cuan dari konten video adalah dengan membuat video yang di dalamnya disisipi iklan afiliasi. Caranya yaitu dengan bikin video yang berpotensi viral dan membagikannya ke media sosial.

Memang tak mudah karena tak ada jaminan video tersebut bakal viral. Namun bila konten video tersebut benar-benar menarik dan didukung dengan teknik promosi yang jitu, tentunya hal ini bisa jadi alternatif yang bagus.

Itulah beberapa cara untuk menghasilkan cuan dari konten video. Dalam berbisnis, apa pun itu, tentunya perlu kualitas. Dalam hal membuat video berkualitas tentu harus dibarengi gawai yang mumpuni.

Untuk membuat konten video yang berkualitas, jernih, dan tajam, gunakan Samsung Galaxy Note20 Ultra. Generasi terbaru dari seri Galaxy Note ini punya kamera superior lengkap dengan fitur untuk membuat hasil video makin memukau. Selain menghasilkan video berkualitas, menggunakan Samsung Galaxy Note20 Ultra juga lebih praktis.

Buat video semantik dengan resolusi video hingga 8K dengan rasio 21:9 dan mode 240fps. Tak ketinggalan ada juga mode Pro Video yang memiliki pengaturan lengkap mulai dari Pro-Grade Focus, audio, exposure, lighting, zoom tools, hingga opsi rekam video 120fps dengan opsi FHD.

Buat video ciamik dengan bantuan Samsung Galaxy Note20 Ultra! Untuk informasi lebih lanjut tentang smartphone ini, kamu bisa melihatnya di sini.



Simak Video "Unboxing Galaxy Note 20 Ultra"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)