Sandiaga Percaya UMKM yang Bakal Selamatkan Ekonomi RI

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 08 Sep 2020 17:56 WIB
Sandiaga Uno
Foto: Ashri Fathan/detikcom

Sementara Anggota DPR RI Komisi XI yang juga Founder KAHMIPreneur, Kamarussamad menambahkan, pemulihan ekonomi belum terlihat melalui kebijakan yang ada. Sektor UMKM misalnya saat pandemi ini sangat membutuhkan kelonggaran atau relaksasi akses permodalan, karenanya butuh perhatian lebih untuk kembali bisa memulihkan ekonomi melalui penguatan sektor UMKM.

Menurutnya, penyerapan tenaga kerja oleh UMKM juga sangat tinggi dan terus bertumbuh mencapai 96,99-97,22% dengan jumlah pelaku UMKM mencapai 62 juta atau sekitar 98% dari pelaku usaha nasional. Pemerintah sejak awal pandemi telah menempatkan UMKM sebagai prioritas utama penerima manfaat dalam pemulihan ekonomi nasional. UMKM memang merupakan sektor yang paling terpukul oleh dampak pandemi Covid-19.

Untuk itu, solusi yang paling tepat adalah mengembangkan e-commerce. Menurutnya, hingga saat ini ada 175,4 juta pengguna internet. Selain itu ada 338,2 juta pengguna smartphone aktif yang terdaftar. Kamrussamad juga mendapatkan data bahwa ada 160 juta orang yang aktif di media sosial. "Untuk menjadi negara maju, persentase pengusaha di Indonesia adalah 14% dari total penduduk Indonesia berdasar PDB. Kita membutuhkan empat juta wirausaha baru untuk mendorong penguatan ekonomi," tegasnya.

Halaman


Simak Video "Dalton Tanonaka Ditangkap, Sandiaga: Saya Prihatin"
[Gambas:Video 20detik]

(das/fdl)