Dukung UMKM Melaju Bersama, Gojek Fasilitasi Pinjaman Bunga 0% Himbara

Nurcholis Ma - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 20:03 WIB
Gojek dan Bank Himbara
Foto: Gojek
Jakarta -

Gojek siap memfasilitasi mitra UMKM yang ingin mengakses program pinjaman KUR Super Mikro dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dengan suku bunga 0 persen. Ini dilakukan sebagai komitmen Gojek untuk mendukung pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Program KUR Super Mikro merupakan subsidi yang diinisiasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan penyalurannya dilakukan melalui anggota bank Himbara. Bagi Gojek, ini semakin menggarisbawahi upaya gotong royong kemitraan untuk mendukung UMKM #MelajuBersamaGojek.

"Menciptakan dampak sosial positif dengan memanfaatkan teknologi merupakan bagian dari DNA Gojek yang mendasari seluruh inovasi kami sejak awal kami berdiri," ujar Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo dalam keterangan tertulis, Rabu (23/9/2020).

"Melalui solusi komprehensif dan inklusif, Gojek mendukung usaha mikro dan kecil untuk bertumbuh di ekosistem kami dan mendukung ratusan ribu UMKM ini terus #MelajuBersamaGojek," imbuhnya.

Ia mengatakan sebagai bagian dari dukungan Gojek ke mitra UMKM, Gojek sangat berbangga hati dapat kembali dipercaya menjadi mitra pilihan pemerintah untuk memfasilitasi kesempatan bagi para mitra usaha Gojek mengakses program KUR Suku Bunga 0 persen.

"Hal ini merupakan sebuah dukungan luar biasa pemerintah untuk UMKM dengan memberikan tambahan subsidi untuk para penerima KUR dan calon penerima KUR Super Mikro ini," ujarnya.

"Kami akan menjangkau mitra usaha kami melalui kanal informasi resmi mitra usaha Gojek dan mendorong agar mitra UMKM dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk menjaga perputaran usaha," sambungnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan semangat gotong royong melandasi berbagai kemitraan yang Gojek lakukan untuk mendorong perekonomian digital melalui pertumbuhan UMKM. Misalnya, Gojek telah memberikan kesempatan untuk peningkatan kapasitas melalui program pelatihan.

Lalu Gojek juga membantu memperluas akses pasar para pelaku UMKM dan pasar tradisional, sekaligus menyukseskan program pemerintah seperti Gerakan #BanggaBuatanIndonesia (BBI) dan Toko Mitra Tani serta memberikan akses kepada fasilitas permodalan Bank Himbara. Selama pandemi, UMKM yang berada di ekosistem Gojek lebih mudah beradaptasi selama pandemi berkat solusi komprehensif dan inklusif.

Azizah Haerasari, pemilik Tanghot, Jakarta, mitra GoFood, dan salah satu debitur Pinjaman Mikro Bank Himbara mengatakan, "Selama masa pandemi, saya bersyukur tetap dapat menjaga transaksi usaha kuliner saya bersama layanan pesan antar makanan GoFood. Saya beradaptasi dengan menggunakan fitur promosi GoFood untuk meningkatkan permintaan konsumen dan meningkatkan protokol kebersihan di kedai saya untuk menjaga kepercayaan konsumen."

Solusi UMKM untuk #MelajuBersamaGojek mencakup inovasi teknologi dan non-teknologi sehingga lebih cepat beradaptasi, bahkan tetap bertumbuh di masa pandemi. Menurut hasil Riset Lembaga Demografi Universitas Indonesia tahun 2020 bertajuk 'Peran Ekosistem Gojek di Ekonomi Indonesia Saat dan Sebelum Pandemi COVID-19', Gojek menjawab kebutuhan dan adaptasi masyarakat untuk berwirausaha serta mempercepat transformasi UMKM go online.

Hasil riset menunjukkan bahwa Gojek menjadi pilihan mitra UMKM untuk bertahan dan bertumbuh selama adaptasi dimana 92 persen dari UMKM mengatakan mereka mampu beradaptasi lebih cepat dalam pandemi karena Gojek, dan hampir 50 persen mengatakan mereka tidak akan dapat bertahan jika mereka bukan bagian dari ekosistem Gojek.



Simak Video "Telkom Buka Suara Terkait Kabar Investasi ke Gojek"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)