5 Kegiatan Online yang Bisa Datangkan Tambahan Cuan

Yudistira Imandiar - detikFinance
Selasa, 20 Okt 2020 12:32 WIB
Aktivitas online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tidak hanya memberikan akses terhadap informasi yang luas, internet kini menjelma menjadi medium untuk memperoleh penghasilan. Ada sejumlah kegiatan di ranah virtual yang bisa menjadi ladang untuk menghimpun keuntungan atau cuan.

Internet memberikan peluang yang luas bagi setiap orang untuk memberdayakan skill yang dimiliki untuk meraup keuntungan. Selain itu, internet memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan secara remote, tanpa perlu presensi di kantor, sekaligus memiliki pekerjaan sampingan.

Melansir Forbes, ada beberapa sumber penghasilan yang bisa diperoleh secara online. Anda hanya membutuhkan gadget dan koneksi internet untuk menjalani pekerjaan-pekerjaan ini.

Mengelola Website atau Blog

Pemilik blog atau situs web bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang dipasang Google AdSense. Untuk mendapatkan iklan tersebut, website harus memenuhi beberapa kriteria dari Google. Jika memenuhi syarat, tinggal daftarkan website sebagai penerima AdSense.

Google akan memberikan unique code untuk dipasang di website. Setelah berhasil terpasang, Google akan menelusuri page view dan traffic. Pemilik web dapat mengatur format iklan dan tempat munculnya iklan di websitenya, dan akan mendapatkan penghasilan setiap banner iklan diklik oleh pengunjung.

Di era arus informasi seperti saat ini, mengelola website atau blog masih relevan untuk mendatangkan cuan, meski tak sebesar 'gaji' dari konten YouTube.

Video YouTube

Google AdSense juga dapat didaftarkan untuk akun YouTube. Adapun syarat untuk mendapatkan iklan dari Google Adsense di YouTube, yakni telah memiliki 1.000 subscribers dan video-video yang diunggah telah mencapai 4.000 jam tayang. Setelah berhasil terdaftar di Google AdSense, Anda akan mendapatkan penghasilan sekitar US$ 3-US$ 5 dari setiap 1000 views video YouTube.

Membuat konten di YouTube saat ini menjadi sumber penghasilan yang mainstream. Bahkan belakangan kalangan artis pun ikut terjun ke YouTube dan sukses mendapatkan jutaan subscriber dan penonton. Adapun seorang YouTuber yang sudah populer bisa mendapatkan penghasilan ratusan hingga miliaran rupiah.

Mentor Kursus Online

Bagi Anda yang sudah mahir dan berpengalaman di bidang tertentu, misalnya dalam membangun bisnis, mengelola keuangan, digital marketing, dan kemampuan lainnya, Anda dapat membuka kursus online. Anda tinggal menyesuaikan materi kursus dan metode pelatihan yang dianggap paling efektif, dan pertemuan dilakukan secara virtual lewat platform video conference. Anda akan mendapatkan penghasilan dari uang pendaftaran yang dibayarkan oleh peserta.

Endorsement

Memiliki akun sosial media dengan ratusan ribu bahkan jutaan pengikut (follower) pun bisa memiliki penghasilan tambahan. Anda bisa menjalin kerja sama dengan pemilik usaha atau pihak-pihak yang ingin mempromosikan produk maupun kegiatannya. Dengan jumlah pengikut yang banyak itu, postingan di sosial media Anda menjadi sarana efektif untuk berpromosi. Klien yang ingin berpromosi lewat postingan foto maupun video di sosial media akan membayar sesuai rate yang Anda tentukan.

Bisnis Online

Pemasaran produk secara online menjadi cara efektif untuk mendapatkan keuntungan. Anda dapat memasarkan produk via media sosial atau e-commerce. Dengan pemasaran online, Anda berpotensi menjangkau konsumen yang lebih luas dari berbagai daerah. Apalagi saat ini tersedia banyak pilihan jasa pengiriman, sehingga tidak ada masalah jika harus mengirim produk ke luar kota atau bahkan ke luar negeri.

Itu dia beberapa kegiatan di internet yang bisa mendatangkan penghasilan. Bermodal gadget yang andal untuk multitasking, Anda pun bisa memantau dua pekerjaan sekaligus. Dukungan gagdet yang mumpuni ini akan memperlancar kegiatan selama online.

Galaxy Z Fold2Galaxy Z Fold2 Foto: Samsung

Samsung Galaxy Z Fold2 akan mengakomodir berbagai kebutuhan pekerjaan Anda. Galaxy Z Fold2 ditenagai Snapdragon 865+ yang merupakan chipset terkencang di ponsel Android. Dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB dan memori internal UFS 3.1 256 GB, membuat ponsel bebas lag untuk menjalankan banyak pekerjaan.

Kehadiran Flex Mode pada Samsung Galaxy Z Fold2 memungkinkan pengguna mengoperasikan ponsel lewat cover screen berukuran 6,2 inci lalu berpindah ke layar utama 7,6 inci atau sebaliknya, tanpa terinterupsi. Selain itu, dengan Flex Mode pengguna dapat melihat hasil foto atau video yang telah diambil tanpa menutup aplikasi kamera.

Ada pula fitur Multi-Active Windows untuk membuka tiga aplikasi sekaligus bersandingan. Untuk mempermudah multitasking, pengguna dapat memindahkan file cukup dengan drag and drop dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya yang dibuka besandingan.

Samsung Galaxy Z Fold2 dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. Anda bisa mengunjungi http://www.galaxylaunchpack.com/untuk mendapatkan informasi detail mengenai smartphone ini dan penawaran menarik yang diberikan Samsung.

(prf/hns)