10 Ribu Buruh Demo Tolak Omnibus Law di Seluruh Indonesia

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 02 Nov 2020 11:34 WIB
Ratusan buruh melakukan orasi di kawasan Tugu Tani, Jakarta. Orasi dilakukan untuk menolak omnibus law.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Aksi demo penolakan terhadap UU Omnibus Law Cipta Kerja terus berlanjut. Kali ini, giliran para buruh yang turun ke jalan melakukan aksi demo.

Demo dari kalangan buruh ini ditarget bisa menghimpun lebih dari 10 ribu orang terbagi di 24 provinsi seluruh Indonesia.

Untuk buruh yang berasal dari jabodetabek sendiri jumlahnya sudah mencapai 5.000 orang. Adapun 5.000 orang tersebut dipusatkan menggelar aksi di Istana dan Mahkamah Konstitusi. Sisanya melakukan aksi serentak di depan kantor Gubernur masing-masing provinsinya.

"Sekarang masih pada siap-siap jalan ya, total ada 5.000 buat yang di Jakarta, kalau seluruh Indonesia bisa puluhan ribu ya, 10.000 lebih lah ya," ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal kepada detikcom, Senin (2/11/2020).

Para buruh yang tergabung dari 32 konfederasi dan federasi tersebut kini sudah berkumpul di depan patung kuda Indosat dan tengah bersiap-siap bergerak ke Istana Negara. Rencananya aksi demo di Istana dilaksanakan mulai pukul 11.00 WIB siang ini sampai selesai.