Disney Buat Robot dengan Tatapan Mata Seperti Manusia

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 04 Nov 2020 16:52 WIB
Robot Disney
Foto: Dok. CNN
Jakarta -

Disney membuat robot baru yang memiliki mata seperti manusia. Robot ini merupakan animatronik terbaru Disney. Robot itu dibuat untuk menciptakan ilusi dengan gerakan mata yang realistis dan interaktif.

Dikutip dari CNN, Rabu (4/11/2020), Disney telah menggunakan animatronik di banyak wahana taman hiburannya. Namun, kebanyakan digunakan untuk gerakan skrip dan non-interaktif.

Tetapi untuk robot baru ini akan lebih interaktif, pasalnya dibuat bisa merespons. Seperti melakukan pandangan sekilas, berkedip, membaca, dan menganggukkan kepala. Disney berharap teknologi ini suatu hari nanti akan membuat wahana dan atraksi Disney menjadi lebih interaktif bagi peserta.

Dilansir The Verge, gerakan yang bisa dilakukan robot baru Disney ini karena adanya sensor yang diletakkan di area dada robot. Sensor itu memberikan arahan kepada kapan harus berbalik, menghadap ke depan, menggerakkan mata, dan melakukan kontak mata.

Robot ini dikembangkan oleh para insinyur di divisi Riset Disney, Walt Disney Imagineering, peneliti robotika dari Universitas Illinois, Urbana-Champaign, dan Institut Teknologi California.

Tim Riset Disney menjelaskan dalam makalahnya Realistic and Interactive Robot Gaze, bahwa tatapan telah terbukti menjadi sinyal sosial utama, yang membentuk persepsi saat berinteraksi.

Misalnya, orang yang lebih banyak melakukan kontak mata dengan kita dianggap lebih cerdas, teliti, tulus, dan dapat dipercaya. Selain itu, tatapan tampaknya juga menyampaikan keadaan sosial dan emosional yang kompleks.

Mengingat pentingnya tatapan dalam interaksi sosial serta kemampuannya untuk mengkomunikasikan keadaan dan persepsi bentuk, tampak jelas bahwa tatapan dapat berfungsi sebagai alat penting untuk karakter robot interaktif. Oleh karena itu, tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk mengembangkan sistem yang meniru tatapan manusia yang saling menguntungkan.

(ara/ara)