Belajar dari Kasus Maybank, Ini Tips Simpan Uang buat Nasabah Tajir

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 06 Nov 2020 19:15 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Atlet eSport Winda Lunardi dan ibundanya, Floleta harus menelan pil pahit. Pasalnya, uangnya di PT Maybank Indonesia Tbk cabang Cipulir sebesar Rp 22 miliar raib.

Agar kasus serupa tidak terulang, bagi anda yang berkantong tebal dan mau menyimpan dana di bank, ada baiknya baca saran berikut ini. Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho menyarankan harus membuat beberapa rekening dari berbagai bank untuk memecah tabungannya.

"Sebaiknya pecah tabungan kita menjadi beberapa akun rekening. Bahkan kalau perlu di beberapa bank sebagai bentuk pemecahan risiko," kata Andy kepada detikcom, Jumat (6/11/2020).

Agar rekening tidak gampang dibobol, para nasabah juga diminta agar tidak memberitahukan kode PIN kepada sembarang orang.

"Jangan pernah membagikan pin ATM atau user id, password dan pin transaksi mobile banking atau internet banking ke sembarang orang," ucapnya.

Yang tidak kalah penting, nasabah diminta untuk mencetak buku tabungan atau cek saldo tabungan secara berkala maksimal satu kali dalam satu bulan. Dengan begitu, jika ada kejanggalan maka nasabah dapat segera mengetahui dan melaporkan.

"Seperti pada kasus Maybank, maka sebaiknya untuk pemantauan rekening jangan hanya mengandalkan print out rekening koran, tapi juga punya akses untuk mengecek langsung rekening kita via mobile atau internet banking," imbuhnya.

Masih ada lagi sejumlah tips untuk nasabah berkantong tebal yang mau simpan uang di bank. Langsung kilk halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2