DPR Bahas RUU tentang Jalan, Mau Fokus soal Disabilitas

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 18 Nov 2020 14:18 WIB
Rapat Baleg DPR RI soal RUU Minuman Beralkohol (Rahel Narda Chaterine/detikcom).
Foto: Rapat Baleg DPR RI soal RUU Minuman Beralkohol (Rahel Narda Chaterine/detikcom).
Jakarta -

Badan Legislasi DPR RI membahas rancangan undang-undang (RUU) tentang perubahan atas UU No.38 Tahun 2004 tentang Jalan. Kali ini agendanya adalah penyampaian hasil pengkajian tim ahli terhadap RUU yang diusulkan Pimpinan Komisi V DPR RI.

Adapun salah satu yang menjadi koreksi tim ahli atas RUU tersebut adalah terkait fasilitas terhadap disabilitas.

"Perlu perbaikan norma pada Pasal 11 Ayat 4 untuk memperhatikan fasilitas bagi kalangan disabilitas sebagaimana diamanatkan dalam UU No.8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Hal ini juga sesuai dengan masukan dari anggota dalam rapat sebelumnya agar dalam hal jalan ini diperhatikan fasilitas bagi penyandang disabilitas," ujar Tenaga Ahli Baleg DPR RI Sabari Barus dalam rapat tersebut, Rabu (18/11/2020).

Ayat 4 Pasal 11 Draf usulan ini, sebenarnya sudah menyebutkan fasilitas-fasilitas yang perlu ada, namun belum memasukkan klausul yang mendukung hak aksesibilitas bagi para penyandang disabilitas terkait penyediaan sarana prasarananya.

Hal lain yang jadi perhatian Tim Ahli adalah dari aspek substansinya. Tim Ahli bilang perlu ada perbaikan frasa peran masyarakat pada Pasal 4 huruf g menjadi partisipasi masyarakat. Hal ini disesuaikan dengan ketentuan UU No.12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

Lalu, perlu juga perbaikan norma pada Pasal 11 Ayat 3 terkait siapa yang bertanggung jawab menjaga jalan agar senantiasa berfungsi dengan baik, jadi dalam draf disebutkan ada keharusan menjaga jalan tapi tidak disebutkan siapa yang akan menjalankannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3