Cukai Rokok 2021 Jadi Naik, Bu Sri Mulyani?

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 19 Nov 2020 06:22 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) didampingi Wamenkeu Suahasil Nazara (kanan) mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi XI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Raker tersebut membahas Laporan Keuangan Kementerian Keuangan pada APBN 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww.
Foto: ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI

Dia juga menceritakan telah terjadi demo mengenai kebijakan tarif cukai rokok belakangan ini. Padahal, pemerintah sendiri sampai saat ini belum menetapkan kebijakan yang akan diberlakukan pada tahun 2021 ini.

Sri Mulyani mengatakan demo mengenai tarif cukai rokok dilakukan oleh para tenaga kerja dan para petani tembakau di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

"Kemarin ada demo dari para buruh rokok, mereka datang ke Monas minta bertemu presiden, petani juga ada yang demo meminta agar (tarif cukai rokok) nggak naik, sementara di sisi lain ada yang minta naik," kata Sri Mulyani.

Sebelumnya, rencana kenaikan tarif cukai rokok sempat ramai dibicarakan pada akhir Oktober 2020. Setelah pihak Kementerian Keuangan melaporkan ke Presiden Jokowi pada rapat terbatas. Namun, rencana pengumuman yang biasanya dilakukan pada akhir September ini pun tak kunjung terjadi hingga saat ini.

Kenaikan cukai rokok diperkirakan berada pada kisaran 13-20%. Namun pihak pemerintah khususnya yang terlibat dalam pembahasan ini masih belum mengetahui secara pasti angka penetapannya.

Halaman

(hek/zlf)