Cara Daftar e-Form BRI untuk Buka Rekening hingga Cek Bantuan UMKM

Lusiana Mustinda - detikFinance
Minggu, 29 Nov 2020 19:57 WIB
Layanan e-commerce terdepan di Indonesia, Blibli membuktikan komitmennya terhadap Customer Satisfaction First dan berhasil menjadi yang terbaik.
Foto: dok. Blibli
Jakarta -

e-Form BRI adalah laman website Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang dibuat untuk memudahkan nasabah dalam mengecek status penerimaan BLT UMKM atau BPUM. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pendaftaran rekening serta transfer ke bank lain.

e-Form BRI dapat Anda lihat melalui laman https://eform.bri.co.id/. Di sini Anda dapat membuka buku rekening tabungan hingga mengecek data bantuan UMKM.

Pembukaan rekening di e-Form BRI

Syarat untuk pembukaan rekening cukup menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan NPWP untuk warga negara Indonesia. Dengan usia minimal 17 tahun. Setoran awal kartu classic minimal Rp 250.000 sedangkan untuk kartu gold minimal Rp 500.000.

Setelah membaca persyaratan apa saja yang perlu dipenuhi, kemudian klik 'Registrasi'. Anda perlu membaca informasi syarat dan ketentuan pembukaan rekening. Jika setuju klik pada kotak 'Saya setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut di atas'.

Setelah itu mengisi data pribadi, alamat, data pekerjaan, data keuangan hingga pembuatan rekening baru.

Ini tata cara membuka rekening BRI melalui e-Form:

1. Bukalah laman eform.bri.co.id
2. Klik menu "Pembukaan rekening"
3. Pilih salah satu jenis rekening yang Anda inginkan (di sebelah kiri layar) Klik "Registrasi" (di bawah deskripsi rekening)
4. Bacalah syarat dan ketentuan pembukaan rekening Centang kotak di bawah, jika setuju dengan syarat dan ketentuan
5. Klik "Buka rekening" (di bawah kotak centang)
6. Klik "Ya" jika anda telah memiliki rekening BRI sebelumnya
7. Atau, klik "Tidak" jika anda belum memiliki rekening sebelumnya
8. Isilah formulir yang tersedia
9. Setelah itu akan muncul halaman konfirmasi serta nomor referensi yang dapat digunakan untuk melakukan aktivasi pendaftaran di cabang BRI terdekat.

Selain membuka rekening tabungan, e-Form juga bisa dimanfaatkan untuk mengecek data terkait Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari pemerintah yang pendaftarannya telah dibuka hingga 25 November 2020 lalu.

Bagi Anda pelaku UMKM yang sudah mendaftarkan UMKM online dan offline tetapi ingin melihat status pendaftaran Anda berhasil atau tidak bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

Cara mengecek online bantuan UMKM di e-Form BRI:

1. Klik https://eform.bri.co.id/bpum atau dari halaman muka eform.bri.co.id, pilij BPUM di bagian paling bawah
2. Masukkan nomor eKTP, yang sebelumnya didaftarkan ke pihak pengusul
3. Masukkan kode verifikasi
4. Klik proses inquiry

Jika berhasil ada ada pesan bahwa nomor eKTP yang dimaksud telah terdaftar sebagai penerima BPUM. Dan untuk verifikasinya bisa menghubungi kantor BRI terdekat serta membawa bukti eKTP.

Sedangkan jika gagal, maka di layar e-Form BRI akan tertulis nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM.



Simak Video "#BRIBersamaUMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erwd)