Gojek & Grab Dikabarkan Sepakat 'Kawin'

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 02 Des 2020 23:04 WIB
Infografis Pesaing Gojek dan Grab
IlustrasiFoto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah

Kenaikan Sea Ltd. sebagai kekuatan yang tangguh dalam e-commerce dan pembayaran digital telah menyuntikkan dorongan baru ke percakapan Grab-Gojek. Dompet elektronik perusahaan yang berbasis di Singapura, ShopeePay, telah memperoleh pangsa pasar dengan cepat, dibantu oleh popularitas platform e-niaga Sea Shopee yang semakin meningkat. Hal itu, pada gilirannya menantang para pemimpin pasar GoPay dan OVO yang didukung Grab di Indonesia.

Perjalanan mendadak Sea dari sebuah perusahaan rintisan menjadi perusahaan paling berharga di Asia Tenggara dalam 10 tahun terakhir telah menjadi inspirasi terbesar bagi perusahaan internet lokal belakangan ini. Sea go public pada tahun 2017 setelah mengumpulkan lebih dari US$ 720 juta dari investor dan sekarang memiliki nilai pasar mendekati US$ 88 miliar.

"Orang-orang sekarang melihat bahwa pasar publik adalah alternatif yang layak bagi perusahaan internet di Asia Tenggara," kata Sipahimalani, yang perusahaannya adalah investor di Gojek.

Dia menolak mengomentari kesepakatan Grab-Gojek, dia menambahkan bahwa perusahaan investasi milik negara Singapura tidak ikut serta dalam negosiasi.

Halaman

(hns/hns)