Ingat, Lowongan 1 Juta Guru PPPK Hanya Dibuka Tahun Ini

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 05 Jan 2021 15:50 WIB
Guru mengajar anak berdoa pada hari pertama proses belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri Garot, Desa Ketapang, Kecamatan Darui Imarah, Kabapaten Aceh Besar, Aceh, Rabu (23/9/2020). Sebagian sekolah di daerah itu mulai melaksanakan aktivitas belajar mengajar tatap muka dengan membatasi jumlah murid dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa/aww.
Foto: ANTARA FOTO/AMPELSA
Jakarta -

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengingatkan rekrutmen 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hanya dibuka tahun ini saja. Tahun-tahun selanjutnya, rekrutmen PPPK yang dibuka hanya untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh pegawai PPPK tahun sebelumnya.

"Formasi yang diberikan untuk tahun 2022 dan seterusnya ini akan sangat tergantung dari kekosongan yang ada akibat terjadinya pensiun PNS atau ada PPPK yang mengundurkan diri," ujar Kepala BKN, Bima Haria Wibisana dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (5/1/2021).

Rekrutmen 1 juta guru PPPK tahun ini diakuinya sebagai lowongan terbanyak yang pernah ditawarkan. Biasanya rata-rata rekrutmen yang dibuka untuk guru PPPK hanya untuk sebanyak 200.000 orang saja.

"Seleksi 1 juta guru PPPK ini jumlah yang sangat besar, rekor kami rekrutmen itu 200 ribu. Ini 5 kali lipat lebih besar dari yang kami lakukan," katanya.

Demikian pula dengan jabatan fungsional. Menurut Bima, sampai saat ini, pihaknya masih belum menerima usulan berapa jumlah yang akan dibuka tahun depan. Lantaran, sejauh ini baru ada 174 jabatan fungsional yang dibuka, terdiri dari PNS maupun PPPK.

"Kami masih mengumpulkan atau belum sepenuhnya menerima usulan formasi dari instansi dari pejabat," ungkapnya.

Ia pun tak bisa memastikan kapan informasi kebutuhan akan jabatan fungsional ini bisa diumumkan ke publik. Sebab, tak semua jabatan fungsional membuka lowongan tahun ini. Hal itu tergantung dari kebutuhan beberapa yang pensiun dan beberapa formasi kosong yang bisa dibuka untuk ditetapkan formasinya pada penerimaan CPNS dan PPPK selanjutnya.

(das/das)