Elon Musk Jadi Orang Terkaya Dunia dalam Semalam! Singkirkan Jeff Bezos

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 08 Jan 2021 08:20 WIB
Elon Musk founder, CEO, and chief engineer/designer of SpaceX speaks during a news conference after a Falcon 9 SpaceX rocket test flight to demonstrate the capsules emergency escape system at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Sunday, Jan. 19, 2020. (AP Photo/John Raoux)
Foto: AP
Jakarta -

Pendiri sekaligus CEO Tesla Inc Elon Musk menggeser pendiri Amazon.com Jeff Bezos dari posisi orang terkaya nomor 1 di dunia dalam semalam. Kekayaan Musk kini mencapai US$ 195 miliar atau setara Rp 2.742 triliun (kurs Rp 14.064).

Berdasarkan data Bloomberg Billionaire Index, Jumat (8/1/2021), kekayaan Musk lebih tinggi US$ 10 miliar atau sekitar Rp 140 triliun dari kekayaan Bezos. Bloomberg mencatat, kekayaan Bezos sebesar US$ 185 miliar atau sekitar Rp 2.601 triliun.

Musk berhasil menggeser Bezos dalam semalam karena lonjakan drastis pada harga saham Tesla yang terdaftar di index Nasdaq Composite itu. Dilansir dari CNBC, saham Tesla melonjak hampir 8% pada penutupan perdagangan semalam, dan berada di level US$ 816,04 per lembar.

Bahkan, pada perdagangan semalam itu, nilai pasar saham Tesla sempat melebihi Facebook untuk pertama kalinya menurut Reuters.

Lonjakan saham TSLA telah mengerek valuasi perusahaan menjadi lebih dari US$ 760 miliar atau setara Rp 10.688 triliun. Angka itu menunjukkan valuasi perusahaan Elon Musk telah naik lebih dari 700% dalam 12 bulan terakhir. Kini, Tesla menjadi perusahaan otomotif paling berharga di dunia, meskipun jumlah produksinya hanya sebagian kecil saingannya seperti Toyota, Volkswagen dan General Motors.

Hal ini menunjukkan Elon Musk bukan lagi meloncati orang-orang yang telah lama bertahan di posisi orang terkaya di dunia. Akan tetapi, lonjakan kekayaannya itu sangat cepat bagaikan kilat selama setahun terakhir ini dalam sejarah daftar orang terkaya di dunia.

Pada Juli 2020 lalu, Elon Musk menggeser Warren Buffett dari posisi orang terkaya ke-7 di dunia. Lalu, pada November lalu Musk menggeser Bill Gates dari posisi orang terkaya ke-2 di dunia. Bahkan, kenaikan harta Elon Musk lebih besar ketimbang seluruh kekayaan bersih Bill Gates yang sebesar US$ 134 miliar atau setara Rp 1.884 triliun.

(fdl/fdl)