Cek BST Rp 300 Ribu di dtks.kemensos.go.id, Ini Syarat Penerimanya

Rosmha Widiyani - detikFinance
Minggu, 10 Jan 2021 15:48 WIB
Pemerintah melalui Kemensos mulai menyalurkan bantuan sosial tunai (BST), Sabtu (9/1/2021). Warga yang menerima bansos di antaranya tinggal Rusun Koja, Jakarta Utara.
Foto: Pradita Utama/Cek BST Rp 300 Ribu di dtks.kemensos.go.id, Ini Syarat Penerimanya
Jakarta -

Bantuan Sosial Tunai atau BST Rp 300 ribu mulai disalurkan pada penerimanya. Bagi masyarakat yang ingin cek BST Rp 300 ribu bisa langsung klik dtks.kemensos.go.id, memilih identitas yang dimiliki, dan mengisi informasi lainnya.

"Penyaluran BST Rp 300 ribu per bulan per KPM (keluarga penerima manfaat) dilakukan melalui PT Pos Indonesia selama empat bulan. Selama Januari-April 2020, bantuan ditargetkan bisa dinikmati 10 juta KPM dengan total anggaran Rp 12 triliun," tulis situs Kemensos dilihat detikcom pada Sabtu (9/1/2021).

Dengan peraturan penyaluran BST Rp 300 ribu per bulan per KPM, masyarakat yang sudah berusia lansia atau sedang sakit tak perlu khawatir. Begitu juga bagi penerima yang sedang sakit atau mengalami disabilitas berat, karena bantuan diantar langsung kepada masyarakat yang berhak.

Dikutip dari laman www.indonesia.go.id, BST Rp 300 ribu bisa diakses semua masyarakat yang memenuhi syarat. Salah satunya penerima harus terdaftar di RT/RW sebagai yang berhak mendapat bantuan yang diberikan selama pandemi COVID-19.

Syarat penerima BST 300 ribu:

  • Masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di desa
  • Kehilangan pekerjaan selama pandemi COVID-19 atau mengalami dampak lainnya
  • Tidak terdaftar sebagai penerima bansos dari pemerintah pusat seperti Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, paket sembako, Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), hingga kartu prakerja
  • Jika tidak menerima bansos dari program lain dan belum terdaftar RT/RW, calon penerima bisa lapor pada pemerintahan desa
  • Calon penerima yang memenuhi syarat namun tidak punya NIK dan KK dapat langsung menerima bansos, tanpa harus membuat identitas lebih dulu. Penerima harus tinggal di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.
  • BST Rp 300 ribu ini diberikan pada penerima yang namanya sudah terdaftar dan datanya valid.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengingatkan penerima BST Rp 300 ribu untuk memanfaatkan bantuan dengan baik. Misal untuk peningkatan kesehatan keluarga, peningkatan pendidikan anak, dan mengurangi beban keluarga, dan kebutuhan dasar modal usaha.

Sebagian dana BST Rp 300 ribu bisa ditabung bila kebutuhan yang lain telah terpenuhi. Bagi yang ingin memperbaiki asupan sehari-hari dengan BST Rp 300 ribu, Risma mengingatkan untuk memilih makanan yang bergizi.

(row/pal)