Tesla Siap Produksi Semi, Si Truk Listrik!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 23 Jan 2021 17:30 WIB
CEO Tesla Elon Musk melanggar aturan lockdown dengan membuka kembali pabrik Tesla di Fremont, California, AS. Area parkir pabrik Tesla yang penuh dengan mobil baru.
Foto: AP Photo/Ben Margot
Jakarta -

Tesla memang sudah sejak 2017 berencana untuk memproduksi unit truk listrik bernama Semi. Mengutip CNBC, Sabtu (23/1/2020), disebutkan Tesla saat ini sudah membuka lowongan pekerjaan untuk produksi Semi di Sparks, Nevada.

Perusahaan yang didirikan Elon Musk ini juga sudah bekerja sama dengan Panasonic untuk membuat baterai kendaraan listriknya.

Saat mengumumkan akan memproduksi truk, Tesla juga menyebut bisa mendistribusikan truk ini ke konsumen dalam waktu dua tahun.

Tesla kala itu membanderol harga Semi truk sebesar US$ 150 ribu untuk truk berjarak 300 mil dan US$ 180 ribu untuk jangkauan 500 mil.

Semi itu diklaim bisa melaju dengan kecepatan 0-60 mph tanpa muatan dan 0-60 20 detik dengan beban 80.000 pound.

Sebelumnya Tesla juga sudah mendapatkan pesanan dari Anheuser-Busch, DHL Group, PepsiCo, Pride Group dan Walmart.

Pada Juni 2020, CEO Tesla Elon Musk mengirimkan email ke seluruh karyawan Tesla yang menyebut produksi Semi mulai dilakukan.

Dia juga menyebutkan ini merupakan saatnya Tesla mulai memproduksi walaupun masih ada keterbatasan.

"Produksi baterai dan powertrain akan dilakukan di Giga Nevada dan sebagian pekerjaan lain mungkin dilakukan di negara lain," ujar dia.

Belum lama ini dalam sebuah wawancara konferensi di Eropa. Musk mengungkapkan jika Tesla akan membuat Semi bisa menempuh jarak yang lebih jauh dari yang dia janjikan.

(kil/eds)