Bujuk Rayu Skema Ponzi yang Jadi Jebakan Investasi Bodong

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 07:15 WIB
Investasi Bodong
Foto: Tim Infografis: Nadia Permatasari
Jakarta -

Satgas Waspada Investasi mengungkapkan penyebab orang Indonesia banyak yang terjebak investasi bodong yang menggunakan skema ponzi. Setidaknya sudah ada 3 perusahaan yang menggemparkan tanah air karena menggunakan skema ponzi.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengatakan ada dua hal utama yang menyebabkan orang Indonesia kerap terperangkap dalam investasi yang menggunakan skema ponzi.

"Pertama, sebagian masyarakat sangat mudah tergiur dengan iming-iming imbal hasil tinggi," kata Tongam saat dihubungi detikcom, Kamis (28/1/2021).

Penyebab yang kedua, dikatakan Tongam adalah karena tingkat literasi atau pengetahuan masyarakat terhadap skema investasi dan keuangan masih rendah.

Oleh karena itu, Satgas Waspada Investasi bersama pemerintah akan terus berusaha meningkatkan literasi masyarakat khususnya mengenai dalam hal mengenal produk investasi dan keuangan.

Tidak hanya itu, sosialisasi mengenai daftar perusahaan investasi bodong atau ilegal pun akan diintensifkan. Tujuannya, agar masyarakat bisa mengambil keputusannya dengan tepat.

"Sebaiknya masyarakat lebih teliti untuk ikut apabila ada kegiatan yang menghimpun dana dan memberikan keuntungan tidak wajar," ungkapnya.

Berdasarkan catatan detikcom, Kamis (28/1/2021), ada sejumlah investasi bodong yang menggunakan skema ponzi di tanah air. Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2