Basuki Cerita Tidur Bareng Cucu Tetap Pakai Masker

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 11 Feb 2021 11:41 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengikuti Raker dengan Komisi V DPR. Rapat membahas evaluasi pelaksanaan anggaran dan program kerja Kementerian PUPR 2021.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bicara soal penggunaan masker di tengah pandemi Corona. Dia mengatakan kini penggunaan masker sebagai kewajiban dan menyamakannya dengan penggunaan helm bagi pengendara motor.

Bahkan Basuki mengatakan bagi yang bandel tak mau pakai masker kini harus kena tilang, bagaikan pengguna motor tidak pakai helm.

"Saya ingat masker saja sekarang ini orang dioyah-oyah atau diingatkan, dia bandel ditilang segala. Kayak orang dulu itu naik motor wajib pakai helm," ujar Basuki dalam sebuah webinar, Kamis (11/2/2021).

Basuki mengatakan penegakan hukum penggunaan masker ini diharapkan bisa membuat kebiasaan baru di masyarakat. Seperti kewajiban pakai helm, menurutnya kini para pemotor menjadikan penggunaan helm sebagai kebiasaan, mereka tidak akan berkendara tanpa helm.

"Ini lebih dari setahun orang kalau nggak pakai helm naik motor akan ditilang dan sebagainya, tapi sekarang akhirnya orang makin nyaman pake helm ini jadi peradaban baru kita," ujar Basuki.

Begitu juga penggunaan masker, dengan adanya penegakan hukum, menurutnya kini masyarakat semakin sadar menggunakan masker. Dia mengatakan kini bila ke tempat umum tak menggunakan masker akan merasa tidak aman dan nyaman.

"Sekarang kita coba ke tempat umum, kan kalau nggak pakai masker rasanya nggak aman, nggak nyaman," ujar Basuki.

Bahkan Basuki sempat bercerita, tidur di rumah pun kini dia mengenakan masker. Apabila cucu berkunjung dan ingin tidur dengannya dia akan menggunakan masker.

"Tidur aja pun kadang kalau ada cucu misalnya. Dia datang ke rumah, mau tidur bareng, ya saya harus pakai ini (masker). Karena kita takut menularkan," kisah Basuki.

Tonton juga Video: Menteri PUPR Teteskan Air Mata Buat Anggota DPR yang Wafat Kena Corona

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)