Gandeng Pemerintah, Shopee Akan Cetak 500.000 Eksportir Baru di 2030

Faidah Umu Safuroh - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 19:35 WIB
kantor shopee
Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET
Jakarta -

Shopee bersama Sekolah Ekspor lansiran Asosiasi pemerintahan gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dengan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (SMESCO), menargetkan 500.000 eksportir di 2030. Program yang dimulai dari Maret 2021 itu didukung Kemenkop UKM dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

"Melalui program '500.000 Eksportir Baru' dari Sekolah Ekspor ini, kami berupaya untuk dapat andil mengimplementasikan program lanjutan guna menciptakan cakupan dan jangkauan program ekspor yang lebih luas lagi melalui penerapan ekspor di literasi digital," ucap Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo dalam keterangan tertulis, Kamis (4/3/2021).

Dalam program ini penjual ekspor binaan akan dibekali dengan kiat-kiat sukses ekspor yang secara spesifik akan merujuk ke penerapan literasi digital ekspor Shopee melalui kanal Kreasi Nusantara 'Dari Lokal untuk Global'. Shopee Indonesia dan Sekolah Ekspor akan menghadirkan registrasi formulir terbuka untuk publik yang ingin menjadi salah satu bagian dari program ekspor Shopee.

"Kami berharap ke depannya akan semakin banyak kolaborasi yang terbentuk antara Shopee dan pemerintah untuk dapat terus mendorong, mendukung dan memberikan peluang ekspor bagi para UMKM di Indonesia yang menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap perputaran roda ekonomi dan ekspor di Indonesia," ujar Radityo.

Kepala Sekolah Ekspor Handito Joewono mengatakan program '500.000 Eksportir Baru' digelar untuk mendukung sistem ekspor Indonesia yang akan dilaksanakan dengan pengembangan UMKM di Indonesia. Untuk itu, agar lebih efektif dalam menjangkau berbagai UMKM yang akan diekspor, sinergi ini juga diinisiasi Shopee bersama dengan Bank Indonesia, yang akan mengikutsertakan UMKM binaannya dan menjadi bagian dari terwujudnya 500.000 Eksportir.

"Kami sangat senang dan mengapresiasi para pihak yang turut mendukung kesuksesan dari program '500.000 Eksportir Baru', terutama dari salah satu platform e-commerce, Shopee Indonesia. Program ini akan mendukung keberlangsungan bisnis, khususnya melalui program ekspor UMKM di Indonesia. Kami berharap melalui dukungan Shopee Indonesia, para pelaku eksportir yang telah sah menjadi bagian dari program ini dapat turut mendorong roda perputaran ekonomi dan tentunya ekspor di Indonesia," kata Handito.



Simak Video "Respons Shopee-Tokopedia soal Penjualan Invitation Clubhouse"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)