RI Resesi Gara-gara Corona, Puan Sebut Sudah Ada Tanda Pemulihan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 05 Mar 2021 14:40 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani didampingi sejumlah anggota DPR RI melakukan ramah tamah dengan koordinator wartawan DPR RI di Ancol, Jakarta, Jumat (13/12/2019). Puan mengajak para wartawan agar DPR berkualitas, modern dan bersih.
Ketua DPR RI Puan Maharani/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Pandemi COVID-19 berdampak pada perlambatan ekonomi global. Bahkan, sejumlah negara masuk jurang resesi termasuk Indonesia.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, meski masuk jurang resesi, ekonomi Indonesia menunjukkan data-data pemulihan.

"Tahun lalu beberapa negara masuk ke dalam status resesi, termasuk Indonesia meskipun kita memang bersyukur ekonomi kita sudah menunjukkan tanda-tanda pemulihan," katanya dalam Rapat Kerja Nasional HIPMI 2021, Jumat (5/3/2021).

Puan mengatakan, pandemi telah memberikan dampak besar bagi Indonesia. Puan menyebut, setidaknya ada tiga dampak pandemi yang dirasakan Indonesia.

Pertama, konsumsi rumah tangga turun. Padahal, konsumsi menopang 60% perekonomian Indonesia.

"Kedua ketidakpastian yang berkepanjangan sehingga investasi ikut melemah dan berimplikasi pada terhentinya usaha dan terjadinya PHK," tambahnya.

Ketiga, ekspor Indonesia terganggu. Hal ini dipicu oleh pelemahan harga komoditas.

"Berlanjutnya pelemahan ekonomi dunia yang menyebabkan harga komoditas turun dan ekspor Indonesia ke beberapa negara terhenti," ujar Puan.

(acd/ara)