Lapor SPT Pajak di DJP Online Masih Bingung? Simak Caranya di Sini

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 13 Mar 2021 12:45 WIB
Pelaporan SPT Tahunan mulai dibuka. Selain pengusaha dan pegawai swasta, artis hingga selebgram juga wajib lapor SPT Tahunan. Bagaimana caranya? Lihat yuk.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan pajak periode 2020 untuk wajib pajak (WP) orang pribadi (WP) batasnya sampai 31 Maret 2021. Bagi masyarakat yang belum melaporkan, jangan khawatir. Sebab, kini lapor SPT bisa lebih mudah dengan sistem online lewat situs DJP online.

Pelaporan SPT Tahunan melalui situs DJP online membuat masyarakat cukup melakukan kewajibannya dari rumah.

Dikutip dari situs pajak, cara melaporkan SPT tahunan secara online disebut e-filing. Cara melakukannya melalui internet pada website DJP www.djponline.pajak.go.id.

Cara mengisi e-filling orang pribadi yakni:

1. Wajib pajak mesti membuka laman di alamat https:///djponline.pajak.go.id

Kemudian login dengan menggunakan EFIN, yakni nomor identitas digital yang diterbitkan Ditjen Pajak. Kalau lupa EFIN, kamu harus cek inbox email, search "EFIN". Cara kedua dengan telepon ke Kring Pajak 1500200, siapkan nomor NPWP dan konfirmasikan data diri kamu.

Bisa juga dengan mengunjungi website www.pajak.go.id/djp-buka-layanan-lupa-EFIN-pembuatan-kode-billing-dan-kode-verifikasi-twitter-dan-live-chat. Kamu bisa melakukan chatting dengan cara klik logo 'Chat Pajak'. Siapkan data pendukung berupa:

Nama lengkap, NPWP, alamat terdaftar saat registrasi EFIN, alamat email dan ponsel yang digunakan saat mendaftar EFIN, tahun pajak SPT terakhir. Langkah terakhir jika kamu memiliki akun twitter, mention akun twitter Ditjen Pajak dengan alamat @kring_pajak. Siapkan data pendukung.

Berlanjut ke halaman berikutnya.