Kartu Prakerja Tetap Ada Usai Pandemi, Penerima Bansos-ASN Bisa Ikut

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 08 Apr 2021 17:33 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Prakerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Program Kartu Prakerja rencananya tetap ada saat pandemi COVID-19 telah berakhir. Cakupan penerimaannya pun akan diperluas.

Peserta Kartu Prakerja saat ini hanya bisa diakses oleh yang bukan penerima bantuan sosial (bansos) lainnya. Nantinya, penerima bansos lain juga berkesempatan mendaftar sebagai peserta Kartu Prakerja.

"Teman-teman mungkin tahu penerima BPUM tidak bisa ambil Prakerja, penerima bansos tidak bisa ambil Prakerja untuk saat ini, tapi nanti di masa di luar pandemi di masa normal teman-teman yang penerima bansos boleh mengambil Prakerja, jadi sekarang sabar dulu," ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam acara Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja melalui Pembiayaan KUR Platform Perbankan Mitra Program Kartu Prakerja secara virtual, Kamis (8/4/2021).

"Jangan Rp 2,4 juta itu nanti lu lagi, lu lagi, lagi-lagi lu, gitu kan, dapat BPUM, dapat Prakerja, kemudian dapat bansos apalagi kemudian dapat apa namanya BSU itu kan jadi kurang baik," tambahnya.

Lalu, golongan masyarakat lainnya yang dari awal diblokir mengakses Kartu Prakerja seperti aparat desa, anggota TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota DPR/DPRD, dan lain sebagainya juga nanti dimungkinkan bisa mengikuti pelatihan-pelatihan Kartu Prakerja secara gratis.

"Teman-teman tidak perlu berkecil hati, termasuk aparat desa dan lain sebagainya yang dilarang untuk mengikuti Kartu Prakerja tapi tetap bisa melihat pelatihan-pelatihan gratis yang ada di ekosistem Prakerja yang itu disediakan oleh mitra-mitra kita seperti BukaLapak, Cakap, dan lain sebagainya. Dan pelatihannya menarik termasuk di situ ada pelatihan tentang bisnis oleh pak Sandiaga Uno," katanya.

Untuk para alumni peserta Kartu Prakerja juga masih bisa menerima manfaat-manfaat yang sama berupa pelatihan gratis tadi.

"Teman-teman karena ini ekosistem kolaboratif maka kita tidak cuma berhenti ok ini para alumni selesai good bye thank you good luck, enggak. Teman-teman masih tetap bisa follow our Instagram di @prakerja.id dan di situ banyak pelatihan-pelatihan gratis dan program-program yang teman-teman bisa ikuti," katanya.

Namun, Denni tak menjanjikan ada tidaknya insentif Kartu Prakerja seperti yang didapat selama pandemi.

"Karena Kartu Prakerja manfaatnya tidak berhenti sampai 31 Desember saja, tapi Insyaallah akan terus ada selama teman-teman masih mencarinya," imbuhnya.

(ara/ara)