Cara Dapat Modal Usaha Rp 10 Juta buat Alumni Kartu Prakerja

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 09 Apr 2021 07:45 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Pemerintah menyiapkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro dengan maksimum plafon Rp 10 juta yang bisa dijadikan modal usaha oleh para alumni Kartu Prakerja. KUR ini disalurkan melalui bank mitra pemerintah yakni PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Untuk mendapatkannya pun tak sulit. Menurut Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto, pihaknya telah mengirimkan penawaran KUR Super Mikro melalui SMS maupun chat ke nomor WhatsApp para alumni Kartu Prakerja.

Bagi alumni yang sudah mendapatkan penawaran KUR tersebut tinggal mengklik saja link di SMS atau chat WA yang masuk untuk mengajukan pinjaman.

Setelah mengklik link tersebut, alumni Kartu Prakerja tinggal mengisi 3 database saja yang terdiri dari nomor telepon, bidang usaha yang dijalankan, dan omzet usaha.

"Kami sebetulnya sudah melakukan verifikasi, cleansing, lolos SLIK, bahkan sudah dilakukan notifikasi SMS. SMS sudah kita blast, kita kirim, tinggal pilihannya dalam SMS mau ajukan KUR, tinggal pilih saja. Nanti langsung ada 3 database yang diisi," ujar Sis Apik dalam acara Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja melalui Pembiayaan KUR Platform Perbankan Mitra Program Kartu Prakerja secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Nantinya, pihak BNI akan mengirimkan notifikasi lebih lanjut ke nomor telepon yang dicantumkan di link tersebut. Lalu, kemudian BNI akan kembali melakukan verifikasi pada data-data yang diisi dan alumni Prakerja yang dianggap eligible tinggal menunggu pencairan modal usaha yang diajukan saja.

"Berikutnya approval, pencairan," sambungnya.

Namun, bagi alumni Kartu Prakerja yang sudah mengajukan KUR namun tak mendapat notifikasi lebih lanjut, bisa mendatangi langsung kantor cabang BNI terdekat.

"Misalnya kok saya belum dapat WA blast, mungkin ada kekurangan data sehingga perlu datang ke cabang," imbaunya.

"Tapi seharusnya yang datanya sudah lengkap, komplit, dan SLIK oke, kami pasti WA blast. Hari ini juga sudah banyak yang klik dia setuju untuk melakukan pinjaman di BNI. Setelah itu kita proses biasa pencairan dan pelatihan," sambungnya.